Jakarta 24 mei 2016 – Sudah sangat umum kendaraan masa kini dilengkapi dengan sarana entertainment yang lengkap. Mulai dari radio, music player, video player dan berbagai kemudahan lainnya. Hal tersebut bahkan sudah menjadi kelengkapan standar untuk banyak mobil yang beredar di Indonesia saat ini. Mulai dari yang memiliki fitur sedikit sampai dengan sangat banyak. Semakin banyak fitur terlihat semakin canggih, semakin keren. Apalagi ditambah dengan kemampuan koneksi dengan perangkat lain, seperti gadged, yang sudah sangat memasyarakat.

IMG_9591

Itu semua ditujukan untuk lebih memanjakan pengguna mobil. Khususnya pengguna mobil yang menyukai suguhan entertainment. Apalagi untuk penduduk di kota-kota besar dan sekitarnya di mana lalu-lintas sekarang semakin macet. Bukan hanya setengah jam sehari di kendaraan, dua-tiga jam bisa dihabiskan.

IMG_9628

Pioneer AVH-X8850BT

Pioneer yang sudah berpengalaman puluhan tahun sebagai pembuat perangkat audio, khususnya perangkat audio untuk di mobil, terus memikirkan dan bereksperimen untuk semuanya itu. More Enjoy & More Simple, selalu dikedepankan, tentu tanpa mengurangi sedikitpun untuk kualitas akan yang lain. Mutu suara kelas atas dengan fitur-fitur canggih seperti crossover, time alignment dan equalizer tetap eksis. Kemudian monitor beresolusi tinggi dengan ukuran 7”, sudah menjadi standar untuk seri 8 ini. Ditambah kemampuan monitor untuk menyesuaikan dengan cahaya sekitar, sehingga di siang hari, saat matahari bersinar terang, layar monitor tetap menghasilkan gambar yang sangat jelas. Namun sebaliknya di malam hari di mana intensitas cahaya luar berkurang, layar monitor memberikan tampilan yang tidak menyilaukan. Gambar yang baik dapat tetap dinikmati apapun kondisi pencahayaannya.

IMG_9626

Source Input

Untuk head unit multi fungsi seperti AVH-X8850BT ini, hampir semua media penyimpan dapat digunakan. Mulai dari disc, baik DVD maupun CD audio, USB, SD card, semua bisa. Tentu dengan aneka format film, audio dan juga gambar (foto). Untuk audionya mulai dari MP3 sampai dengan FLAC. Video mulai dari WMV sampai dengan MKV dan FLV, semua bisa dipuatar di HU ini.

Selain dengan media simpan, HU ini juga bisa dihubungkan dengan perangkat lain melalui kabel HDMI, aux input, dan audio-video input yang menggunakan kabel RCA. Dan yang teristimewa adalah koneksi nirkabel dengan sarana Bluetooth. Kemudian fitur AppRadio mode dan Android Auto, untuk koneksi dengan android dan Apple CarPlay untuk koneksi dengan iPhone dan iPod.

 Spotify Audio Connectivity

Fitur ini sebetulnya bukan hal yang baru. Kehadirannya sudah beberapa tahun yang lalu dan sudah diaplikasikan di HU Pioneer. Namun di Indonesia sendiri baru sekitar 2 bulan belakangan ini resmi bisa digunakan. Fitur ini yang menggunakan jalur Bluetooth, memungkinkan penggunanya memainkan aneka macam lagu secara audio streaming dari internet. Jadi sangat tidak terbatas lagu-lagunya.

Pioneer dengan produknya AVH-X8850BT, sudah mensupport penuh fitur ini. Untuk menggunakannya tinggal menghubungkan gadged dengan head unit melalui jalur Bluetooth. Kemudian Spotify yang sebelumnya sudah didownload di gadged dimainkan. Bahkan untuk yang tidak mau repot, bisa dipilih mode “shuffle”, aneka lagu dimainkan secar nonstop, tanpa perlu melakukan penggantian atupun menekan tombol lagi. Tanpa perlu melakukan penyambungan kabel atau apapun lagi.

Dengan fitur Bluetooth ini, segala fungsi telepon juga tetap dapat digunakan. Suara dari penelepon dikeluarkan dari speaker yang sudah terpasang, dan lagu otomatis berhenti. Mengemudi tetap aman, music entertaiment tetap berjalan. More Enjoy, More Simple with Pioneer Car Entertainment.