Masifnya serangan taksi online seperti Uber, Go-Car, dan Grab Car disebut-sebut sebagai kemajuan positif moda transportasi. Meski pada awalnya menuai pro dan kontra, toh akhirnya hampir semua pihak bisa menerima keberadaannya.

Banyak keuntungan yang ditawarkan operator taksi online. Mulai dari kemudahan pemesanan via aplikasi, argo perjalanan yang murah, dan paling penting pakai mobil “pelat hitam”. Yang disebut terakhir untuk sebagian penumpang adalah poin lebih. Karena mobilnya terbilang lebih nyaman dan bergengsi serasa mobil sendiri.

Masalahnya, makin banyak low MPV dan city car baru “pelat hitam” yang dipakai jadi taksi online, membuat orang-orang yang kebetulan pakai mobil sejenis sering disangka sebagai driver taksi berbasis aplikasi. Terutama pada security check gedung, mall, atau saat antar-jemput di bandara. Kalau sudah begitu, pasti gengsinya turun.

Tapi tenang, sebenarnya ada beberapa cara bikin mobil kalian tak dianggap sebagai taksi online. Tentu saja via jalan modifikasi eksterior, karena standard is boring! Nah, silakan ikuti cara-cara modifikasi di bawah ini.

 

Pasang Add-on Body Kit

gambar satu

gambar dua

Langkah ini bisa dilakukan dengan memilih add-on body kit biar cepat dan murah. Silakan pilih add-on body kit yang merupakan aksesori resmi model termewah, atau beli ke toko-toko aksesori yang menyediakan kit model lainnya.

Misalnya kalau mobil kalian adalah Honda Mobilio tipe E, silakan pakai add-on body kit punya Mobilio RS. Faktanya, varian termewah biasanya tidak dipilih menjadi taksi online karena harga jualny tinggi. Dan umumnya, add-on body kit untuk mobil-mobil di Indonesia hanya disematkan pada varian flagship.

Ganti Velg Besar

gambar tiga

Satu hal yang kalian harus perhatikan saat mengganti velg adalah ganti ke ukuran lebih besar minimal 2 inci. Kenapa? Karena menurut pantauan mobil-mobil yang dipakai jadi taksi online membiarkan velgnya standar/dop. Kalaupun diganti, biasanya dalam ukuran yang sama dengan pertimbangan ban bawaan standar masih bisa dipakai.

Selain itu, velg besar dinilai akan membebani tarikan mobil yang ujung-ujungnya membuat konsumsi BBM lebih boros. Nah, hal ini sangat terasa untuk mobil yang dibawa komuter 200-250 km per hari seperti kebanyakan taksi online.

gambar empat

Maka kalau ukuran standar mobil kalian 15 inci, naikkan jadi 17 inci dengan model yang keren. Pilihan tapak bannya pun yang unidirectional dan asimetris.

Ceperkan

gambar lima

Ada beberapa cara mengurangi ground clearance mobil. Pertama adalah mengganti per aftermarket yang memang diproduksi khusus untuk mobil tertentu. Biasanya sepaket dijual antara 3-7 jutaan dengan pemasangan plug and play.

Cara lainnya dengan langkah custom. Atau jabani pemotongan per. Meski langkah ini tak direkomendasikan, sebaiknya kordinasikan dulu dengan bengkel kaki-kaki.

gambar enam

Penggantian per bawan mobil dengan coilover dan air suspension juga bisa dilakukan kalau kocek memadai. Intinya adalah membuat mobil kelihatan pendek, yang bisa langsung diidentifikasi kalau mobil kalian adalah media ekspresi modifikasi bukan taksi online.

Article by:
Daan