Selain aliran modifikasai besar yang sudah eksis seperti Racing, Elegant, atau Retro, ada satu modifikasi menarik yang bisa Anda ikuti perkembangannya belakangan ini. Yaitu modifikasi bergaya Amerika atau United States Domestic Market (USDM).

Gaya modifikasi yang inspirasinya datang dari spek mobil-mobil di Amerika ini, napasnya mirip-mirip dengan Thai Style (Thailand) atau JDM (Japan Domestik Market) yang duluan eksis di dalam negeri.

Lalu apa saja hal yang bisa dilakukan untuk membangun mobil bergaya USDM? Nah, setidaknya Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini;

Cat “Kulit Jeruk”

2

Yang menarik, ubahan ala USDM terkesan membuat mobil mengalami spec down. Terutama karena pada bagian bumper-bumper yang berwarna beda dengan bodi, sehingga terkesan belum dicat seperti varian mobil termurah.

Tapi bukan sekadar beda warna, karena lapisan catnya seperti permukaan kulit jeruk. Caranya dengan dengan memainkan teknik penyemprotan cat via memperbesar spray anginnya dan setelah itu dilapis pernis. Sebaiknya pakai cat abu-abu atau hitam biar sama seperti beberapa mobil spek Amerika.

Atau pakai cara lainnya, dengan mengandalkan stiker untuk melapis ulang bagian bumper. Pilihannya bisa pakai stiker Oracal warna hitam doff. Tapi pastikan penempelannya rapi karena bumper punya lekukan-lekukan ekstrem.

Pakai Hood-Bra

3

Biar makin terasa tampilan USDM-nya, pemakaian hood-bra juga bisa dilakukan. Aksesori ini adalah pelapis kap mesin yang dibuat dari kulit. Fungsinya adalah untuk melindungi bagian depan mobil dari kerikil saat mobil berjalan.

Sekarang ini hood-bra sudah banyak yang custom sebagai pelengkap modifikasi, yang dijual sekitar Rp 450-500 ribu di beberapa toko aksesori.

 

Aplikasi Intersection Lamp

4

Yang paling USDM sekali mungkin detail intersection lamp. Lampu ini dipasang di bagian samping bumper depan. Biasanya, lampu ini akan berfungsi bersamaan dengan hidupnya lampu isyarat belok atau sign. Taapi modulnya diaktifkan bukan untuk membuatnya berkedip, alih-alih intersection lamp menyala diam saja.

Article by

Daan