Sudah saatnya Indonesia punya mobil buatan sendiri. Maka event Expo Industri Kreatif Mobil dan Motor (EIKKM) yang digagas oleh Institut Otomotif Indonesia (IOI) dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) di Bali Creative Industry Center (BCIC) Denpasar, 7-12 Maret lalu patut diapresiasi.

Pameran-mobil-perdesaan-dan-aftermarket-di-bali-2b

Wadah kreativitas pelaku industri, komunitas, masyarakat, dan perguruan tinggi ini diresmikan oleh Dirjen ILMATE Kementrian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan, Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, Presiden IOI I Made Dana Tangkas, dan beberapa jajaran pejabat pemerintahan.

“Perkembangan industri saat ini mengalami kemajuan cukup positif. Melalui pameran ini, para pelaku industri kreatif mobil dan motor, terutama yang bergerak di bidang komponen dan industri kreatif bisa menampilkan karya-karya unggulan mereka, termasuk para komunitas pencinta otomotif,” kata I Made Dana Tangkas dalam sambutannya.

Pameran-mobil-perdesaan-dan-aftermarket-di-bali-3b

Pada expo tersebut, dipamerkan konsep desain mobil pedesaan yang dirancang oleh para peserta dari perguruan tinggi dan universitas di Indonesia. Mayoritas hasil desain mobil pedesaan tersebut menampilkan wujud yang mendukung kegiatan bisnis industri kecil menengah (IKM) di wilayah pedesaan, seperti pertanian atau pembangunan.

Selain itu pameran yang didukung sejumlah pelaku industri otomotif nasional ini, menampilkan berbagai kreativitas di bidang modifikasi mobil dan motor serta komponen otomotif (aksesori). Termasuk adanya bengkel on the spot bagi pengunjung yang ingin mengganti aksesori kendaraan.

Pameran-mobil-perdesaan-dan-aftermarket-di-bali-4

Made menilai bahwa potensi pelaku industri kreatif pada bidang otomotif di Indonesia memperlihatkan perkembangan positif dan sejalan dengan kebijakan pemerintah. Hal itu bisa dilihat dari berbagai kemajuan di bidang modifikasi dan aksesori, dimana sebagian besar pelakunya adalah industri kecil menengah (IKM) yang berpeluang jadi pemasok komponen maupun kelengkapan mobil/motor lainnya.

Pameran-mobil-perdesaan-dan-aftermarket-di-bali-5b

Artinya, aftermarket dan modifikasi adalah industri yang terus berkembang. Selalu berjalan beriringan bersama industri “hulu”-nya (mobil baru). Maka ini adalah kesempatan bagi para modifikator dan tuner dalam negeri untuk menampilkan karya terbaiknya. Dan itu seiring dengan goal setting National Modificaton & Aftermarket Association (NMAA). Maka tak heran sebagian anggota NMAA, ikut memamerkan mobil-mobil modifikasi mereka di event prestisius tersebut.