Auto Racing Technik (ART) yang merupakan workshop spesialis sports car langka dan mobil berperforma tinggi, mengumumkan kerjasamanya dengan Manhart Performance (28/4) lalu di Indonesia International Motor Show 2017 JIExpo, Kemayoran.

IMG-20170426-WA0008

Manhart Performance adalah tuning house spesialis BMW yang berasal dari kota Wuppertal, Jerman. Engine swap (penggantian mesin) adalah ciri khas tuning mobil-mobil racikan Manhart Performance. Biasanya memakai mesin berkapasitas besar dan berteknologi baru BMW (M Power). Dan hal ini yang tak ditemui pada tuner spesialis BMW lainnya.

IIMS_manhart

“Tujuan saya menghadirkan Manhart Performance ke Indonesia adalah untuk memberikan pilihan tuning terbaik untuk konsumen. Karena faktanya Manhart Performance termasuk dalam tier (level) 1 soal kualitas upgrade performa, yang setara dengan pengerjaan in-house tuner BMW,” sebut Hans Sungkono, pemilik sekaligus tuner ART.

Bentuk jalinannya adalah sebagai perwakilan atau distributor resmi di Tanah Air. Menariknya, Indonesia adalah salah satu dari dua negara di Asia Tenggara, yang dipercaya Manhart Performance untuk menjadi partner-nya. Technical Director Manhart Performance, Adam Radowski, secara simbolis memberi dukungan dengan datang pada press conference kali ini.

IMG-20170430-WA0001

Sebagai perwakilan di Indonesia, ART diberi kepercayaan untuk membuat mobil dengan dukungan penuh Manhart Performance Jerman. Dan karya pertama adalah MANHART MH3 550 M3 CSL RHD (Right Hand Drive). Dibangun dari basis BMW M3 E46 CSL 2003, yang merupakan jenis BMW yang cukup langka di dunia (1.400 unit).

Secara konsep, MANHART MH3 550 M3 CSL RHD menggabungkan dua sistem berbeda (sasis dan mesin beda generasi). Namun semua fungsi dan fitur bisa berjalan normal sesuai standar pabrikan. Dan mobil ini dipakaikan mesin baru berkode S85 V10 5.0 liter (BMW M6), yang mampu memproduksi 550 hp.

IMG_20170429_150618

Sehingga meskipun performa yang dihasilkan sudah pantas untuk dipakai di sirkuit, namun mobil tersebut masih nyaman dipakai harian. “Kami memaksimalkan potensi mobil tanpa menghilangkan unsur kenyamanan dan keamanan layaknya mobil harian,” ucap Hans lagi.

Dan MANHART MH3 550 M3 CSL RHD ini adalah satu-satunya BMW berlabel Manhart yang memiliki spesifikasi tinggi, dibangun di atas varian langka, dan dengan pengerjaan super teliti.