Gambar Utuh Small MPV Mitsubishi terungkap!

0
- Advertisement -

Gambar utuh small MPV Mitsubishi terungkap! Ya, tiga hari ini pemberitaan soal small MPV terbaru Mitsubishi memang masif sekali. Tak lain karena secara resmi, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumbar foto-foto teaser-nya. Kita dibuat dag-dig-dug jadinya. Memang strategi PR yang dibuat, ciamik sekali. Apalagi, secara paralel, beberapa perwakilan media Tanah Air juga diajak ke Jepang untuk menjajal versi jalanan dari XM Concept tersebut.

Mitsubishi-XM-crossover-concept-side-Honda-BR-V-rival-revealed

Sejatinya small MPV tersebut akan di-world premiere pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus mendatang. Sepertinya hal tersebut bakal menandai dimulainya penjualan secara global, model yang konon bakal diberi nama Mitsubishi Expander. Boleh jadi, Expander ini adalah mobil yang membuat Ketua Penyelenggara GIIAS 2017, Rizwan Alamsjah, layak bangga. Karena beliau sejatinya pernah membesarkan Mitsubishi di Tanah Air.

FB_IMG_1500296157396

Nah, dari foto-foto yang diedarkan MMKSI, dari segi desain dan pengalaman kami NMAA (National Modificator & Aftermarket Association), sebenarnya sudah setengah benderang bagaimana sosok Expander nantinya. Terlihat tak berbeda jauh dengan versi konsep yang sudah sejak tahun lalu dipamerkan. Bahkan mungkin tak mengecewakan, dan sesuai dengan ekspektasi kebanyakan orang Indonesia. Berpenampilan sporty dan terlihat mahal.

FB_IMG_1500296128115

FB_IMG_1500296139639

Namun apakah benar seperti itu?

Berangkat dari foto-foto teaser yang dilepas MMKSI, serta berkonsultasi dengan beberapa desainer dan pakar pembuatan aero kit/body work/pengecatan, kami mencoba menyelesaikan puzzle ini. Seperti apakah desain penuh small MPV terbaru Mitsubishi tersebut? Hasilnya seperti yang bisa dilihat di bawah ini:

Mitshubishi XM render 7

Dari beberapa expertise yang kami mintai pendapat, hampir semua yakin kalau desain ini sudah 90% mendekati versi produksinya. Pembuktiannya tentu harus melihat foto-foto pembanding dari unit aslinya, yang pekan depan akan dirilis.
Dari gambar hasil render kami, bisa dilihat bagaimana kesan lebar ditampilkan Mitsubishi Expander. Konon katanya, small MPV ini punya sumbu roda paling lebar di kelasnya. Hal ini yang kemudian mempengaruhi sisi handling yang lebih stabil, juga membuat kabin lega.

Kemungkinan jarak antara dek atau lantai kabin dengan jok akan dekat. Sisi teknis yang diambil dari Pajero Sport, untuk menghadirkan feeling seperti sedan. Sementara plafonnya akan tinggi, menyisakan head room luas untuk driver dan penumpang.

Dari depan terlihat bagaimana Expander membawa bahasa desain Mitsubishi Dynamic Shield. Terlihat pada bumper, grille, head lamp, dan fog lamp yang membentuk X-shape.

Bahasa desain yang sama ada pada saudara SUV-nya, Pajero Sport. DNA Mitsubishi nampaknya masih senafas sebangun diusung. Jangan heran, karena memang sebagai mobil benar-benar baru, ia perlu membawa dukungan dari saudaranya terdahulu.

Yang menarik, selain lampu senja ditempatkan di sisi kanan-kiri bumper, nantinya fog lamp akan berada di bagian bawah. Ditambah semacam bumper guard, mengesankan Expander adalah MPV yang tangguh. Seperti halnya Delica.

Soal tarikan pilar A yang tertarik jauh ke depan, menggambarkan Expander memiliki tubuh yang panjang. Namun adanya nat (nut) tegas di sepanjang bodi, sedikit-banyak mengeliminasi kesan tersebut. Door handle-nya pakai model tarik yang atraktif.
Pada pilar paling belakang Mitsubishi memakai floating roof effect. Konsep desain yang sama ditemui pada Honda Mobilio. Pilihan ini membuat kaidah desain Expander kelihatan modern.

Oh ya, satu hal lagi dari Expander, bahwa small MPV ini kabarnya akan dijual dalam 9 trim berbeda. Artinya banyak fitur, kelengkapan atau aksesori yang berbeda antara 9 varian model tersebut. Kalau melihat versi XM Concept-nya, bukan tak mungkin ada varian yang memakai roof rail di atap.

So…, untuk membuktikan ulasan dan gambar rendering yang kami buat, marilah nanti kita sama-sama melihat unit Mitsubishi Expander aslinya, yang tak lama lagi diluncurkan. Setidaknya sudah memberi pandangan lebih komplet kepada calon pembeli untuk menebus small MPV bermesin 1.500 cc tersebut. We’ll see and be patience. Ayo tebak, berapa harganya?!

- Advertisement -