Nama small MPV Mitsubishi adalah..? Ya, pertanyaan inilah yang mungkin membuat khalayak penasaran terhadap Next Generation MPV yang diluncurkan kemarin (24/7). Bahkan di akun Instagram @NMAA.id, pertanyaan tersebut membanjir via direct message sesaat ketika kami mem-posting small MPV terbaru Mitsubishi tersebut.

12Seperti diketahui, saat acara exclusive media introduction di hotel Fairmont kemarin, masih belum clear soal nama, interior, dan juga mesin. Mitsubishi Indonesia masih menyimpan hal tersebut hingga world premiere 10 Agustus mendatang di Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS).

Menariknya, tim NMAA secara tak sengaja terkonfirmasi dengan bukti soal penamaan small MPV ini. Tapi dalam perjalanannya, kami sekaligus mengumpulkan puzzle, perihal beberapa sektor yang masih belum dibocorkan di atas.

Engine 4G91

Soal mesin, Mitsubishi Indonesia sebenarnya sudah membocorkan sedikit. Next Generation MPV itu pada press release yang kami terima bakal membawa mesin bensin 1.500cc. Berteknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control), serta berjenis DOHC 16 katup.

Nah, ciri-ciri mesin ini mirip dengan powerplant berkode 4G91-nya Lancer EX dengan power hampir menyentuh 120hp dan torsi 125Nm. Mesin 4-silinder segaris ini memang dibuat untuk mobil bermesin depan dan berpenggerak depan. Dapur pacu ini disebut-sebut mesin yang hemat dan bertenaga. Buktinya, beberapa pabrikan di luar Mitsubishi juga memakainya.

Lantas soal interior, silakan tonton dulu video-nya. Video ini kami ambil dalam kabin unit yang diperkenalkan pada media Tanah Air:

Seperti yang bisa dilihat, Next Generation MPV ini berkonsep 7-seater. Karena dimensi eksteriornya yang lebar, otomatis membuat kabinnya pun meluas. Mobil ini memiliki ukuran terbesar di kelasnya.

Bahkan kalau boleh menyamakan soal utilitas interior, small MPV ini membawa aura sebuah high roof MPV macam Delica. Lihat saja bagaimana orientasi desainnya mengakomodir keperluan keluarga. Mulai dari head room yang lega (atap agak tinggi), banyaknya kantong-kantong untuk menempatkan botol atau benda-benda kecil. Sampai disediakannya lighter untuk charger gadget di jok baris ketiga.

IMG-20170724-WA0063

IMG-20170724-WA0034

IMG-20170724-WA0051

Jangan lupa kalau jok baris belakang dan tengah bisa dilipat rata dengan lantai. Terdapat pula kompartemen bagasi di lantai belakang. Selain itu mobil ini memiliki sistem AC double blower untuk kesejukan kabin merata. Pun kabinnya dikonsep warna two-tone dan aksen kayu untuk menimbulkan kesan mewah.

Nah, best part-nya adalah soal nama. Jadi nama small MPV Mitsubishi adalah..? Seperti yang sudah kami sebut di atas, secara tak sengaja kami terkonfirmasi soal itu. Bisa kami pastikan kalau small MPV yang juga diberi julukan Next Generation MPV ini nama aslinya adalah XPANDER!

IMG-20170724-WA0060

Silakan lihat foto karpet dalam kabin ini. Namanya memang tak jauh dari perkiraan banyak orang. Namun penulisannya saja yang sedikit berbeda. Pada ulasan dan postingan sebelumnya, kami menyebut mobil ini adalah Expander.

Fakta lainnya, XPANDER memiliki dua jenis ukuran roda. Yakni 15 dan 16 inci, tepatnya 185/65R15 dan 205/55R16. Ukuran terbesar tentu untuk varian paling komplet/teratas.

IMG-20170724-WA0061

So, dengan begitu rasanya puzzle soal small MPV terheboh saat ini sudah mulai komplet. Kita tinggal menyaksikan world premiere-nya saja, dan menantikan impresi berkendaranya.

Satu catatan dari kami, secara tampilan mobil ini sangat modifiable. Tuning harian dengan  mengganti velg 17 inci sudah membuat mobil ini kelihatan makin keren. Mari kita SPK!