Inilah modifikasi Suzuki Ignis paling dilirik di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Yup, tak hanya jadi incaran objek foto pengunjung, Suzuki Ignis S-Urban Concept juga banyak jadi pemberitaan media dalam dan luar negeri.

Sebagai salah satu backbone penjualan, PT Suzuki Indomobil Sales, pemegang merek Suzuki di Tanah Air, tampaknya berusaha menampilkan Suzuki Ignis dalam berbagai “kemasan”. Bergaya off-road adalah salah satunya, sebagaimana diterapkan pada model S-Urban Concept.

DSC_0562

Jpeg

Suzuki Ignis S-Urban Concept kelihatannya dikembangkan untuk para individu aktif yang menyukai petualangan di akhir pekan. Tampilan macho pada eksterior menegaskan hal tersebut.

DSC_0724

DSC_0723

DSC_0720

Mulai dari bumper depan-belakang yang didesain tinggi dan kokoh, over fender, grille berpalang besar, rail roof, air scoop di kap mesin, roof spoiler model Dakar, suspensi lebih tinggi sekitar 8cm, serta velg dan ban Accelera RA162.

DSC_0728

Oh ya, menarik kalau bicara soal pemakaian ban Suzuki Ignis S-Urban Concept. Pasalnya ban reli ini baru diperkenalkan EP Tyres baru-baru ini. Ban ini adalah rally tyres pertama yang diluncurkan produsennya. Sengaja diciptakan untuk menghadapi medan gravel dan lumpur.

DSC_0719

Karena peruntukan ban untuk reli maka dinding ban dibuat rigid, untuk memberi kemampuan menikung mantap. Pada dinding ban juga didesain tiga alur untuk menolak batu dan menahan tusukan dari samping.

Suzuki Ignis S-Urban Concept memakai ukuran 205/65R15, dimana baru ada satu ukuran saja untuk ban Accelera RA162 ini. Tapi karena pakai velg 15×7 inci, maka dinding ban terlihat rata dengan permukaan velg (kotak).

DSC_0518

Meski peruntukannya untuk reli baik performa atau modifikasi rally look, Accelera RA162 memiliki desain yang dirancang sedemikian rupa. Tread block pada bagian luar asimetris untuk memudahkan pengendalian dan traksi. Sementara pasangan blok bagian dalam asimetris untuk maksimalisasi grip akselerasi dan pengereman.

Tapi dari semua kelebihan ban baru ini, secara tampilan dan fungsi sejalan sekali dengan konsep yang dibawa Suzuki Ignis S-Urban Concept. Kalau tidak, mana mungkin Suzuki Ignis modifikasi ini viral di dunia maya. Iya, enggak?