The Ultimate NMAA Choice! Melihat fakta dan visual yang ada, terlihat bagaimana selera Tovid Tjandra soal modifikasi. Pria ramah asal Surabaya ini lebih suka ubahan yang sifatnya bolt-on dan rapi. Apalagi jika modifikasinya itu dilangsungkan untuk mobil impiannya.

IMG-20170928-WA0007

Yup, Impreza WRX STi ini adalah manifestasi impian Tovid yang digilainya sejak SMA. “Saya sangat suka model dan performa mobil ini,” ujarnya. Maka serangkaian modifikasi dijabaninya dengan acuan yang proper.

Maka kalau diperhatikan satu per satu aksesori modifikasi yang menempel, hampir semua bersifat plug and play meski tidak seluruhnya universal. Concern-nya adalah menaikkan mutu performa mesin secara sporadis, namun dibungkus tampilan fancy.

IMG-20170928-WA0006

Sisi performa dipilih opsi tak biasa. Stroker kit EJ26 Tomei sukses menaikkan kapasitas mesin serta power Boxer engine Subaru WRX STi ini secara sempurna. “Kapasitas mesin jadi 2.593cc dari sebelumya 2.457cc. Total power-nya jadi 315 whp,” terang Tovid. Untuk diketahui, WRX STi membawa mesin standar EJ25 berkapasitas 2.5 liter.

Dalam paket yang dijual Tomei, stoker kit ini berisi forged full counter crankshaft, forged H-beam conrod, conrod bearing, dan forged piston kit. Stroker kit EJ26 adalah paket upgrade tertinggi (kenaikan kapasitas dan performa), dimana ada pula kit untuk EJ25 dan EJ22. Ukuran bore x stroke-nya adalah 99,75 x 83,0mm.

Ubahan jeroan mesin tersebut juga didukung pembenahan jalur bahan bakar, pengapian, transmisi, juga exhaust system. Semua produk tersebut lagi-lagi bersifat bolt-on.

IMG-20170928-WA0002

Pada eksterior, tampilan visual dipilih pemakaian add-on body kita lansiran Varis. Mulai dari carbon fiber hood, asampai cf pillar garnish. Sementara bagian kaki-kaki memakai velg Advan RG3 18×9 inci yang dibalut ban Advan Neova AD08R. Sebagai pendukung, sistem kaki-kaki juga diperkuat big brake kit Alcon di sumbu roda depan, dan Dixcel di belakang. Dengan coilover Ohlins DFV yang khusus di-develop untuk Subaru WRX STi.

Yang menarik, tampilan fancy eksterior datang dari pelapisan vinyl wrapping berwarna bunglon. “Saya pilih warna itu karena mau kelihatan keren unik, dan satu-satunya yang pakai seperti ini di Indonesia,” ujar Tovid lagi.

IMG-20170928-WA0003

Pada interior, beberapa tambahan aksesori yang dipasang merupakan spek plug and play tanpa jalan custom. Misalnya setir DAMD, gauges Defi, push start button STi, dan lain sebagainya. Semua parts yang terpasang dipikirkan fungsi dan tampilannya se-proper mungkin.

Maka tak heran jika mobil ini didaulat menjadi peraih trophy The Ultimate NMAA pada gelaran Top 15 Cars Surabaya (24/9) lalu di Grand City Convention and Exhibition. “Terima kasih atas pemilihan gelar ini untuk NMAA. Harapan saya event kemarin menjadi barometer modifikasi di Surabaya, karena pertama dan satu-satunya yang bikin meetup mobil modifikasi proper. Jaya terus untuk NMAA,” tutup Tovid.