Xpander Pertama Karya Modifikator Indonesia. Mitsubishi Xpander, akhir-akhir ini jadi MPV yang  banyak diperbincangkan. Mulai dari desainnya yang futuristis, kenyaman terbaik di kelasnya, masa inden panjang, sampai soal modifikasinya. Maka tak heran kalau Mitsubishi Xpander  digadang-gadang bakal menjadi mobil “sejuta umat” menggantikan model eksisting sebelumnya, Toyota Avanza. Apakah benar akan seperti itu? Hanya waktu yang bisa menjawab.

IMG-20171108-WA0001

Namun dari masifnya pemberitaan dan perbincangan soal Xpander, sisi modifikasi adalah yang menarik buat kami di NMAA. Meski PT Mitsubishi Kramayudha Sales Indonesia, pengagennya, sudah menyiapkan paket Aero berupa add-on body kit resmi untuk Xpander, sejumlah modifikator kelihatannya tak mau kalah dengan membuat body kit versi custom. Salah satunya William Harjanto, dari rumah modifikasi W7 Carsmetic di bilangan Taman Palem, Jakarta Barat.

Modifikator yang doyan modifikasi mobil-mobil baru ini, membuat konsep yang sejalan dengan desain eksterior Xpander. “Saya ambil konsepnya elegan,” ujarnya. Terlihat dari desain body kit yang tipis dan mengadopsi lubang-lubang kecil. Pada add-on bumper depan bahkan diimbuhi deretan bohlam LED. Yang pengaturannya bisa dibuat sebagai DRL atau menyala berbarengan lampu kecil.

IMG-20171108-WA0004

Pada bagian side skirt terlihat pemakaian konsep two tone. Hal ini membuat tampilan add-on body kitnya tersimak tipis, namun eksklusif. Pun begitu pada bagian belakang. Konsep elegan terlihat dipadukan sedikit nuansa sporty dengan lekukan dinamis. Oh ya, tak ketinggalan ada spoiler extension untuk mengimbangi lekukan body kit.

IMG-20171108-WA0003

Paket add-on body kit ini pun dijual Rp 8 juta, terdiri lip bumper depan, side skirt, dan lip bumper belakang. Sementara spoiler extension dibanderol Rp 1,2 juta. Yang menarik, “Untuk 25 set add-on body kit pertama cuma saya jual Rp 6 juta. Dan spoiler extension Rp 1 juta saja,” jelas William berpromosi. Harga tersebut sudah termasuk instalasi dan pengecatan sesuai warna Mitsubishi Xpander pelanggan.

IMG-20171108-WA0014

Selain add-on body kit, William yang tergabung dalam komunitas Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) ini juga mengganti velg. Yang dipilih adalah velg Konig model Oversteer ukuran 18×8 inci, dengan balutan ban Falken 225/50R18. “Saya ganti velg besar biar kelihatan lebih gagah,” kata William lagi.