Ganti Big Brake Kit Untuk Fortuner. Belakangan sedang viral sebuah foto yang menunjukkan sebuah Toyota All-New Fortuner yang ditempeli sticker, yang berisi protes pemilik terhadap  sistem pengereman mobilnya yang tak kunjung berfungsi benar meski sudah mengadu ke bengkel resmi berkali-kali. Pemiliknya, Surya Wijaya, sebagaimana dikutip dari beberapa media online, mengaku bila rem Fortuner-nya terasa bergetar bila diinjak.

Rem Fortuner

Menurut pengalaman, sumber permasalahan rem bergetar biasanya ada pada disk brake yang sudah mulai bergelombang. Hal tersebut karena piringan rem terkena tekanan dan juga panas dari gesekan kampas rem. Bahkan diakui sang empunya, mekanik bengkel resmi pernah menyimpulkan jika sistem pengereman mobilnya mengalami overheat karena kurangnya sistem pendinginan atau ventilasi pada piringan rem. Dalam brosur Toyota All-New Fotuner, mobil tersebut mengadopsi ventilated disc brake 17 inci di depan, dan teromol di belakang.

big brake kit

Biasanya solusi rem bergetar, adalah dengan membawa cakram tersebut ke ahli bubut untuk dibuat kembali mulus, namun agak berisiko karena membuat piringan rem semakin tipis. Batasan ketebalan piringan yang bisa dibubut adalah 5 mm. Selain itu, kedalaman cakram yang masih dapat dibubut adalah 0,5 mm. Atau ada opsi selanjutnya, yakni dengan menggantinya dengan big brake kit (BBK) meski bakal merogoh kocek lebih dalam.

bbk rem fortuner

Untuk penggantian BBK, usahakan yang bertipe plug and play untuk menghindari malfungsi. Ganti cakram dengan ukuran yang lebih besar dari standar akan memperpendek jarak pengereman dan yang pasti memiliki banyak ventilasi pendinginan. Namun setelah ganti cakram berukuran besar ada beberapa syarat yang harus dilakukan. Dengan diameter piringan cakram 355 mm, minimal velg yang bisa digunakan adalah ukuran 18 inci. Kalau masih menggunakan velg standar (17 inci) dijamin velg tidak akan bisa masuk karena mentok dengan kaliper rem.

Selain itu, penggantian BBK juga wajib disertai dengan pemakaian selang rem braided (besi anyaman), untuk menahan tekanan tinggi fluida pendorong piston. Risiko bila tidak memakai selang braided di big brake kit adalah akan membuat selang benjol saat dilakukan pengereman mendadak, yang berpotensi bahaya.

fortuner rem besar

BBK yang plug and play biasanya dijual dengan rentang harga Rp 15-25 jutaan tergantung merek. Beberapa rumah modifikasi pun sudah bisa melakukan penggantian sistem pengereman ini. Harapannya dengan sistem rem unggulan ini,  seharusnya masalah yang dihadapi Surya Wijaya di atas tak lagi timbul.