Kenali In-house Tuner Biar Enggak Ricer! Salah satu yang membedakan seorang yang tahu modifikasi proper dengan ricer, adalah dari pengetahuan mereka soal tuner. Ya, paling gampang mengidentifikasi adalah dari stiker tuner in-house yang menempel di mobilnya. Apakah sudah sesuai dengan merek mobilnya, atau malah asal tempel.

Makanya tak jarang di jalanan kita melihat sebuah Toyota Kijang yang ditempeli Ralliart, atau sebuah Suzuki Swift berstiker Mugen. Yang menyedihkan, banyak mobil mengimbuhkan stiker  TRD meski bukan Toyota, dengan dalih me-racing-kan mobil atau modifikasi. Sedih!

Nah, biar enggak dianggap ricer seperti di atas, simak dulu nih pembahasan in-house tuner supaya tidak salah menempeli stiker atau livery di mobil kesayangan.

 

Toyota TRDToyota Racing Development (TRD) merupakan brand in house tuner untuk merek Toyota. Di Indonesia, TRD juga memasok aksesori untuk produk OEM (Original Equipment Market) untuk beberapa model mobil yang dijual APM-nya di sini, yang digenerikkan dengan nama TRD Sportivo. Produk TRD Sportivo meliputi aero kit, alloy wheel, serta suspensi. Biasanya mobil yang berimbuhan parts TRD Sportivo dipasangi stiker yang sama.

 

 Mitsubishi

Ralliart

Mitsubishi adalah Ralliart, yang merupakan divisi motorsport dari Mitsubishi Motors. Divisi ini bertanggung jawab terhadap pengembangan dan persiapan perusahaan terhadap mobil-mobil rally dan offroad.  Kalau pernah menonton film-film Jackie Chan yang berbau balap, pasti tak asing dengan Ralliart yang menempel dengan mobil-mobil kencang Mitsubishi.

 

Daihatsu

D Sport

In-house tuner Daihatsu adalah  D Sport, yang kurang populer di sini. Sebab kebanyakan mobil Daihatsu yang diedarkan di Indonesia jarang dimodifikasi pemiliknya. Padahal  D Sport cukup tenar di Malaysia khususnya untuk aplikasi ke Perodua Myvi (Sirion). D Sport memasok beberapa part seperti suspensi, lower brace, hingga kampas rem.

 

Nissan

Nismo

Nismo adalah  kependekan dari Nissan Motorsport. In-house tuner ini memasok part untuk meningkatkan performa mesin termasuk sistem aerodinamis seperti spoiler serta diffuser. Tak hanya untuk mobil-mobil Nissan, Nismo juga produksi part untuk mobil-mobil di grup Nissan termasuk Datsun dan Infiniti. Jika Nismo untuk tampilan sporty, untuk tampilan  elegan Nissan memiliki in-house tuner Autech.

 

Honda

Mugen

Salah satu in house tuner Honda yang paling tenar yaitu Mugen yang berarti unlimited atau tiada batas. Pendiri Mugen adalah Hirotoshi Honda, yang merupakan anak dari pendiri  Honda Motor Company, Soichiro Honda. Selain Mugen, Honda juga memiliki in house tuner bernama Modulo.

 

Suzuki

Suzuki Sport

Pemilik mobil-mobil Suzuki bisa pakai stiker  in-house tuner Suzuki Sport Racing. In house tuner ini memasok beberapa part sporty untuk mobil-mobil Suzuki berupa paket aerodinamis hingga sektor kaki-kaki seperti velg dan suspensi.

 

Mercedes-Benz

AMG

Pemilik Mercedes-Benz termasuk paham soal in-house tuner brang mobilnya, yakni AMG. In-house tuner ini membuat tak hanya dari sisi tampilan, namun juga menaikkan sisi performa lewat seting khusus. Bahkan AMG dijadikan salah satu trim untuk penjualan mobil-mobil baru Mercedes-Benz.

 

BMW

BMW M

BMW M merupakan divisi yang menaungi beragam kegiatan yang berkaitan dengan motorsport. ‘M’ sendiri merupakan kependekan dari Motorsport. Biasanya, mobil-mobil BMW yang sudah aplikasi emblem M sudah mengalami peningkatan performa dari sisi mesin, suspensi, trim interior hingga dari sisi aerodinamis.