Datsun CROSS Membuka Babak Baru Compact Crossover Indonesia. Sekitar sebulan lalu tim NMAA membuat rendering image dan ulasan soal Datsun CROSS yang akan diluncurkan pada Kamis (18/1) kemarin. Hasilnya gambar reka-reka dan artikel berjudul Inilah Penampakan Datsun Baru Yang Persis Versi Konsepnya! yang kami buat tak jauh dari realisasinya. Datsun CROSS benar-benar diturunkan dari mobil konsep GO-Cross yang beberapa kali dipamerkan pada ajang motor show di Indonesia.

IMG-20180118-WA0008

Menurut Eiichi Koito, Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia, Datsun CROSS dikembangkan secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan khalayak Indonesia. Maka tak heran bila mobil ini memiliki semua fitur yang dekat dengan keperluan bermobil di sini. Datsun CROSS memiliki ground clearance tinggi (200mm) untuk melewati beragam kondisi jalan. Dilengkapi pula dengan body cladding yang gagah dan fungsional untuk mencegah kerusakan bodi yang mungkin terjadi karen lumpur atau batu.

Body cladding tersebut digenapi kehadiran roof rail yang memiliki dua warna hitam dan silver, memberikan tampilan yang lebih sporty dan gagah. Perangkat ini bisa menambah keleluasaan membawa barang, dengan tambahan kapasitas 30 kilogram.

IMG-20180118-WA0009

IMG-20180119-WA0084

Sementara Datsun CROSS juga menyediakan pilihan versi bertransmisi otomatis selain manual 5-percepatan, untuk mengawal mesin 1,2 liternya yang efisien dan bertenaga. Tak main-main, yang dipasang adalah jenis transmisi otomatis X-Tronic CVT yang bekerja halus, hemat bbm, ringan, dan juga mudah dikendarai. Serta telah disematkan berbagai inovasi keselamatan  canggih. Mulai dari rem ABS, vehicle dynamic control (kontrol stabilitas), dan dual airbags di jok depan.

IMG-20180119-WA0085(1)

Tak hanya sampai situ, penampilan Datsun CROSS juga didesain sophisticated yang diturunkan dari mobil konsep. Fascia depan adalah penarik utamanya. Terdapat grille besar sebagai brand identity khas Datsun berbentuk heksagonal dengan bilah-bilah honeycomb yang gagah. Projector headlamp-nya merupakan yang pertama di kelasnya, dengan bentuk “mata elang” dan terdapat daytime running light yang modern. Lampu utama ini juga bisa menyala otomatis bila suasana gelap, dan disematkan pula fitur “follow me home” untuk memastikan jalan di depan mobil diterangi lampu bahkan bila mobil dalam kondisi mati/terkunci.

IMG-20180119-WA0008

IMG-20180119-WA0044

Oh ya, karena Datsun CROSS memiliki ground clearance tinggi dan memakai velg 15 inci, maka suspensi depan disesuaikan dengan pivot ganda lower arm yang canggih dengan suspensi belakang twist beam baru. Jenis ini  dipilih tak hanya untuk memberikan kenyamanan berkendara, namun juga karena suspensi tersebut tak masuk ke dalam ruang lantai, sehingga memberikan lebih banyak ruang di belakang kabin. Berkat penyetelan khusus,  pada Datsun CROSS diklaim tidak ada peningkatan kecenderungan limbung (body roll).

IMG-20180119-WA0050

Datsun CROSS sudah bisa dipesan sejak world premiere-nya kemarin, dan mulai dikirim ke pelanggan pada Maret 2018 mendatang. Terdapat 7 pilihan warna atraktif, dan dijual dalam dua versi transmisi manual Rp 163 juta, dan otomatis CVT Rp 175 juta on the road Jakarta.

IMG_0396

Dengan segala kelebihan tersebut tak heran bila Datsun CROSS membuka babak baru dalam kelas compact crossover Indonesia. Ia tak hanya sekadar berpenampilan gagah layaknya mobil tangguh untuk melibas segala kondisi jalan, namun juga memiliki fitur paling komplet di kelasnya.  Tak heran jika kemudian Datsun Indonesia menyebut Datsun CROSS didedikasikan untuk para life challenger. “Datsun CROSS adalah mobil baru untuk generasi baru. Mobil yang membawa Datsun jauh di depan pesaingnya,” tutup Eiichi Koito, Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia.