Datsun CROSS Segera Diluncurkan! Sesuai perkiraan kami pada tulisan: Inilah Penampakan Datsun Baru Yang Persis Versi Konsepnya! yang rilis pada 9 Desember 2017 lalu, dalam laman www.datsun.co.id tertera bahwa mereka akan segera meluncurkan Datsun CROSS pada 18 Januari 2018 mendatang. Yang menarik, peluncuran ini merupakan world premiere untuk Datsun CROSS yang dinyatakan akan masuk ke dalam kelas compact cross-over.

Artinya, Datsun memperluas jangkauan line-up-nya selain keluarga Datsun GO yang duluan eksis. “Datsun CROSS akan mengawali perjalanan dari segmen baru Datsun di Indonesia. Mobil ini adalah wujud semangat baru brand value Datsun yangunstoppable’, dan juga komitmen Datsun kepada pelanggan di Indonesia,” kata Eiichi Koito, Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia.

Sebagai informasi, kelas compact cross-over di Indonesia sebelumnya sudah diisi oleh Suzuki Ignis, Hyundai i1oX, dan Renault Kwid.

IMG-20171219-WA0010

Pada tulisan Inilah Penampakan Datsun Baru Yang Persis Versi Konsepnya! kami mencoba merekonstruksi bentuk desain Datsun CROSS melalui gambar olah digital. Hasilnya ternyata bisa dipertanggung-jawabkan karena nyaris 100% mirip dengan unit asli yang sebentar lagi akan diluncurkan.

Pada tampilan luaran, terutama pada fascia depan dipastikan akan memiliki wajah persis seperti versi konsepnya. Lampu tajam khas GO-cross, foglamp besar, lalu terdapat  daytime running light di bumper depan, disertai grille besar yang menjadi indikasi perubahan besar dari Datsun model baru ini. Karena crossover, maka ada tambahan over fender plastik berwarna hitam melapisi seluruh samping fender hingga bagian side skirt door panel.

IMG-20171219-WA0011

Ground clearance-nya yang tinggi akan dibantu pemakaian velg alloy 15 inci dengan ban berprofil 185/65R15 seperti tapak ban Livina X-Gear. Yang menarik, Datsun baru ini seperti naik kelas. Sebab beberapa fitur “premium” juga disematkan. Sebut saja airbag, power window di semua pintu, adanya head unit touch screen berukuran 6,9 inci, transmisi otomatis CVT, serta beberapa fitur lainnya. Untuk harga, kemungkinan Datsun baru ini akan bermain di angka Rp 160-180 jutaan.

“Datsun CROSS merupakan generasi baru compact cross-over. Dengan desainnya yang stylish dan fitur-fitur canggih, Datsun CROSS akan menjadi partner yang sesuai untuk gaya hidup pelanggan baru kami”, lanjut Koito. Desain keseluruhan bodinya yang smart dan compact membuat Datsun CROSS bergerak lincah, layaknya seorang atlet profesional.