Roda-roda Ajaib Untuk Meningkatkan Performa. Pada mesin mobil, puli/pulley adalah roda atau piringan pemutar yang memiliki jalur pemegang belt untuk mentransfer perputaran dari satu as ke as lainnya. Dan fungsinya berkaitan signifikan terhadap kinerja mesin serta perangkat-perangkat yang terhubung dengan presisi. Pada mobil-mobil modern, umumnya puli digunakan untuk memutar kruk as, alternator, power steering, dan kompressor A/C.

Puli Racing Lead

Biasanya, puli-puli ini punya berat dan ukuran bervariasi tergantung peruntukkannya. Tapi jika mengambil yang terbesar, maka bobotnya ada yang mencapai 2-3 kilogram dengan bahan dasar pembuatan dari besi. Otomatis, berpengaruh pada pembebanan tenaga mesin.

Puli Racing 2

Dalam dunia tuning, bobot puli yang berat menjadi masalah. Makanya banyak tuner yang pilih untuk pakai puli racing agar bisa mendapatkan kenaikan tenaga mesin secara signifikan. Sebab semua puli racing punya bobot yang ringan, bahkan mencapai 50% lebih dari puli bawaan pabrik. Dan disebut-sebut kalau pabrikan mobil tidak mungkin membuat puli yang ringan dari bahan khusus karena terkendala biaya produksi yang bakal lebih mahal. Selain itu, puli standar dirancang untuk tahan lama sesuai usia mobil.

Puli Racing 1

Biasanya, puli-puli racing memiliki bahan dasar alumunium padat, atau bisa juga dibuat dari 6061-T6 light weight, bahan yang sering dipakai membuat konstruksi bodi pesawat terbang. Tapi meski enteng, pemilihan puli racing tak bisa dijabani sembarangan! Harus cari yang plug and play atau yang besarnya sama dengan bawaan standar mobil, serta sudah balance dari pembuatnya. Hal ini untuk menghindari ketidak-harmonisan kinerja perangkat-perangkat yang diputar puli. Selain itu juga supaya tidak harus mengganti ukuran belt, karena tidak memungkinkan membuat ukuran belt custom.

Puli Racing 3

Lantas untuk fitur balancing, biasanya dimiliki oleh puli-puli merek terkenal yang tentu saja sudah dijamin mutunya. Fitur ini bertujuan untuk mendapatkan keseimbangan gerak puli ketika berputar, yang otomatis memberikan efek halus dan minim getaran terhadap mesin. Tapi yang mesti dicermati, puli racing yang baik adalah yang enggak memiliki rubber damper buat meredam getaran seperti puli bawaan asli mobil. Sebab jika peredam itu terlepas ketika berputar, maka puli jadi enggak seimbang lagi dan bisa saja memutuskan belt pemutarnya seketika.

Beberapa contoh merek seperti AEM, Unorthodox, Tomei, Maximum Velocity, dan lainnya, termasuk dalam jajaran puli racing unggulan yang biasanya banyak dipilih untuk dipasang buat mobil bermesin standar. Biasanya, puli-puli ini punya berat berkisar 600-800 gram yang diwakilkan sama puli terbesar atau puli kruk as. Hasilnya, tenaga bawah sampai tengah terasa lebih ringan. Puli-puli racing seperti merek-merek di atas, rentang harga rata-rata satuannya berkisar antara Rp 1-3 jutaan, tergantung bagian mana yang mau dibeli.