Buat para petrolheads dan pecinta modifikasi, pameran atau kontes mobil pasti jadi makanan sehari-hari. Ibaratnya, belum diakui jadi pecinta modif kalau belum datang ke acara-acara berbau mobil-mobil keren. Bukan berskala nasional saja seperti Indonesia Modification Expo (IMX) yang bakal diadakan 17-18 November 2018 mendatang, tapi banyak juga rela terbang jauh-jauh ke Bangkok, Jepang, Jerman, bahkan Amerika untuk lihat auto show bonafit.

Pebble-beach-concours3

Tapi tahukah kamu kalau ada sebuah pameran mobil yang statusnya bukan sekadar pameran biasa. Karena hanya di sini, kamu tak hanya bisa melihat mobil-mobil super-exclusive tapi juga mendengarnya suaranya. Apalagi kalau kamu tipikal yang berpikir dan bertanya, apakah mobil beserta sejarahnya memudar, maka silakan datang ke Pebble Beach Concours d’Elegance. Di atas Peninsula Monterey, Selatan kota San Francisco, The Lodge di Pebble Beach menjadi tuan rumah salah satu ajang concourse mobil paling terkenal dunia.

Pebble-Beach-councours4

Pengunjungnya pun tak sembarangan, kamu harus mendapat undangan resmi untuk datang ke venue yang berupa lapangan golf. Mulai dari kendaraan bermesin uap, mobil balap hingga mobil konsep masa depan bisa dilihat memenuhi lapangan rumput The Lodge tiap harinya. Mulai dari embun pagi hingga sapuan lembut sinar matahari sore yang menjelang tenggelam.

Pebble-beach-concours1

Pameran mobil ini diadakan satu tahun sekali, di hari Minggu ketiga di bulan Agustus. Biasanya sekitar 200-an kolektor kendaraan roda 4 dan 2 berkumpul di area yang disebut-sebut sebagai “the best finishing hole in golf”, atau fairway 18 di Pebble Beach ini. Ada 4 bagian besar di ajang Pebble Beach Concours yang meliputi; Car Shows, Driving Events, Auctions, serta Exhibitions.

Pebble-beach-concours2

Toyota FT-1 yang digadang-gadang sebagai penerus kejayaan Supra di masa depan pernah tampil di ajang ini sebagai mobil konsep. Lainnya ada Mercedes-Benz  AMG Vision Grand Turismo, dan BMW Concept 8 Series yang tak lama lagi bakal keluar versi massalnya.

Awalnya, ajang ini hanya berbentuk gathering kecil dan diikuti oleh road race melewati hutan pinus di sekitar wilayah Pebble Beach. Tapi kini, ajang Pebble Beach Concours telah berkembang menjadi salah satu ajang collector car show di dunia.
Concours bukan ajang adu kecepatan, namun kesempurnaan. Semua kendaraan yang berlaga di sini, baik mobil maupun sepeda motor dinilai berdasarkan akurasi sejarah, orisinalitas, teknis, style juga best gamer dan popularitas.

Fullerton-Concours-dElegance-KV-square-1024x960

Menariknya, konsep Pebble Beach Concours d’Elegance sampai juga ke Asia untuk pertama kalinya, tepatnya diadakan di Singapura pada 29 Juni-1 Juli 2018 mendatang. Dengan semangat dan konsep yang sama, kegiatan Fullerton Concours d’Elegance juga menampilkan rangkaian mobil klasik, mewah, dan ikonik. So, mungkin kamu tak usah jauh-jauh ke California, Amerika Serikat untuk mengikuti Concours d’Elegance, salah satu pameran mobil terbaik di dunia.