Honda tidak hanya akan menampilkan berbagai mobil baru yang canggih dan sporty di gelaran Mondial Paris Motor Show 2018 (4-15/10), tetapi juga bekerja sama dengan sekolah desain dari Jepang yang berbasis di Prancis, yaitu Human Academy Europe, untuk menggelar kompetisi desain mobil Civic Type R dengan tema Art Car yang terinspirasi dari seni manga atau komik Jepang.

Art Car 6

Kontes tersebut akan diikuti oleh para murid di Human Academy Europe, sedangkan desain yang terpilih akan diaplikasikan langsung ke bodi mobil Civic Type R yang akan ditampilkan di Paris Motor Show 2019. Konsep kompetisi ini sekilas mirip seperti Honda Decal Competition yang diadakan PT Honda Prospect Motor, pengagen merek Honda di Tanah Air Maret 2018 silam.

Art Car 2

Tetapi bicara soal Art Car, tahukah kalian kalau sejatinya konsep ubahan secara general sudah dilakukan sejak medio 1960-an di Amerika Serikat. Saat itu sangat dipengaruhi perkembangan kaum Hippies, lowrider, dan para musisi “humanis” seperti Janis Joplin atau John Lennon yang membawa gayanya sendiri-sendiri.

Art Car 4

Sesuai namanya, Art Car merupakan mobil yang penampilannya dimodifikasi mencerminkan ekspresi artistik pemiliknya. Biasanya mobil yang sudah dijadikan Art Car dimiliki dan dikemudikan hanya oleh pemiliknya sendiri, yang diberi julukan  Cartists. Mereka bukan disebut modifikator, karena kebanyakan adalah seniman yang awam soal otomotif. Hanya berusaha membuat mobil hariannya menjadi kanvas karya seni kontemporer melalui permainan warna bodi, lukisan, dan tanpa merubah bentuk bawaan mobil.

Art Car 3

Konsep sebuah Art Car yang bisa menarik perhatian pada akhirnya membuat banyak pabrikan mobil menggunakannya sebagai strategi iklan dan promosi. Yang pada gilirannya dengan dana tak terbatas, menggandeng sejumlah artis pop art untuk membuatnya. Sebut saja nama Andy Warhol, Frank Stella, dan Roy Lichtenstein yang digandeng BMW untuk membuat Art Car pada mobil balap mereka.

Art Car 5

Perkembangan Art Car yang terbilang pesat pada medio ’90-an  memunculkan aliran gaya alternatif. Konsep murni Art Car sebagai kanvas seni kemudian juga ditambah dengan modifikasi teknis mobil. Maka kalau kalian pernah nonton film Mad Max dengan ragam mobil unik dan aneh di dalamnya, itu bisa dikategorikan sebagai Art Car beraliran Mutant Vehicle. Aliran tersebut memfokuskan perubahan ekstrem pada bodi mobil dengan tema tertentu.

Art Car 1

Selain dari gaya, perkembangan Art Car juga ditandai dengan banyaknya komunitas, event tahunan seperti Houston Art Car Parade, juga keberadaan museum. Art Car pada akhirnya tak hanya dianggap sebagai kanvas seni, namun juga mengandung unsur modifikasi yang bisa dijadikan penarik massa.