Ibarat rumah, memasang peredam (sound damping) itu sama dengan membangun fondasi. Soalnya, sebagus atau secanggih apapun sistem audio mobil yang dibangun, tanpa sistem peredam hasilnya pasti kurang maksimal. Sebab sistem audio bakal terganggu noise atau vibrasi mobil, dimana peredamlah yang akan mencegah hal tersebut.

2018-04-30-PHOTO-00000021

Getaran bahkan akan lebih parah di model mobil yang bodinya terbilang besar yang penampang pelat fender-nya rawan bergetar. Atau mobil-mobil bermesin diesel. Noise itu muncul dari struktur yang beresonansi (bergetar). Sumbernya dari getaran bodi mobil, getaran mesin, suara dari luar mobil (deru angin saat mobil jalan atau klakson mobil lain) bahkan celah antar komponen audio sendiri. Nah, oleh material peredam energi getar pengganggu ini diserap dan ditransformasikan jadi energi panas.

Peredam Suara 3

Secara umum ada dua jenis sound damping berdasarkan materialnya, yaitu lembaran (sheet) dan cair (liquid). Sound damping berbentuk lembaran ditawarkan dengan berbagai macam ukuran; dari 30,48×76,2 cm, 33×93,88 cm sampai 101,6×137,16 cm. Untuk ketebalan tersedia ukuran: 0,5 mm, 0,7 mm, 1 mm maupun 1,7 mm. Kalau yang cair ditawarkan dalam kaleng ukuran 1 liter sampai 22,73 liter (5 galon).

Peredam jenis lembaran lebih mudah dipasang, murah, dan cepat pemasangannya untuk melapis balik fender yang luas. Biasanya jumlah peredam yang dipakai tergantung bidang yang akan diredam. Untuk memasang sound damping jenis lembaran tinggal ditempelkan ke bagian yang diinginkan. Ada sound damping yang sudah dilengkapi perekat di bagian belakangnya ada juga yang harus diberikan perekat dulu.

Peredam Suara 2

Untuk sistem audio “stage-1”, biasanya cukup di pintu depan dan firewall. Dan untuk mobil bermesin diesel agar suara mesinnya lebih hening ke kabin, ketebalan peredam di firewall bisa dilapis beberapa kali sampai kedap. Di pasaran sendiri banyak merek sound damping. Di antaranya Accumat, Dynamat, Automat, Cascade Gatorskin, Soundcoat, Soundamp E, Super Soundproofing, Stinger Roadkill, dan lainnya. Ditawarkan mulai harga Rp 75-150 ribu perlembar.