Beragam kolaborasi terjadi dalam Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang hari ini dibuka (17/11) dan berlangsung hingga besok (17/11). Salah satunya adalah kolaborasi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dengan AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Pedesaan) buatan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMW) yang merupakan inisiasi dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Bentuknya adalah dalam bentuk modifikasi dua unit AMMDes yang diubah tampilannya lebih atraktif dan menarik.

WhatsApp Image 2018-11-17 at 15.18.00(1)

Workshop Tomi Airbrush ditunjuk menjadi eksekutor mewakili NMAA. Beberapa perubahan eksterior dilakukan mulai dari penggantian lampu depan LED, grille, dan bumper yang gagah. Untuk AMMDes berwarna putih, ubahan lainnya adalah penyematan motif batik di sekujur bodi  yang mencirikan khas Indonesia. Fungsi bak di belakangnya dibiarkan seperti sedia kala, yang berguna untuk membawa hasil-hasil pertanian.

WhatsApp Image 2018-11-17 at 15.18.00(2)

WhatsApp Image 2018-11-17 at 15.18.00

Sementara tema modifikasi pada tampilan AMMDes berwarna hitam dan oranye dibuat lebih galak dari desain aslinya. Menurut Tomi rombakan pada model yang satu ini jauh lebih banyak dibandingkan yang berkelir putih. Perubahan dan penambahan dilakukan untuk membuat nuasanya lebih menarik. Modifikasinya meliputi bumper depan, “tanduk”, grille, over fender, besi rollbar, dan bak belakang yang dijadikan flat deck untuk membawa motor. Dengan adanya penambah tersebut bobot AMMDes ini  bertambah sekitar 30 kg.

WhatsApp Image 2018-11-18 at 15.01.14

Kemenperin sangat puas terhadap hasil modifikasi AMMDes yang dibuat tim NMAA tersebut, dan tak menutup kemungkinan nantinya model seperti ini akan turut diproduksi massal jika memang dirasa cocok dengan kebutuhan masyarakat. Bahkan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyempatkan diri datang untuk melihat-lihat hasil karya anak bangsa di pameran tersebut. Selain tertarik melihat kendaraan-kendaraan yang dimodifikasi tersebut, ia juga menengok AMMDES yang dimodifikasi. “AMMDes jadi terlihat very good, ajang pameran ini memberikan banyak ide dan inspirasi,” ucap Airlangga.

WhatsApp Image 2018-11-17 at 15.17.59(1)

Kendaraan produksi anak bangsa ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 beberapa waktu lalu. Serangkaian uji coba telah dilakukan dalam pengembangan AMMDes, termasuk mengenai perizinan dengan Kementerian Perhubungan. Rencananya AMMDes akan diproduksi secara massal pada Januari 2019 dan akan dijual dengan harga Rp 70 jutaan. Kendaraan ini diproduksi untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian dan perkebunan di pedesaan.