Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 menampilkan 50 mobil modifikasi pilihan dalam program NMAA Top 50. Semua mobil diseleksi dan dipamerkan sebagai mobil modifikasi terbaik di pameran modifikasi pertama dan terbesar di Tanah Air. Beberapa model supercar, sportscar, MPV, SUV, muscle car, sampai compact car ada di sini.

WhatsApp Image 2018-11-18 at 19.21.14

Namun salah satu yang menyita perhatian adalah Toyota Sprinter Trueno AE86 yang direstorasi total dengan sentuhan wire tucking pada engine bay. Bagi pecinta manga atau anime series Initial D, pasti tidak asing dengan mobil yang di Jepang biasa disebut Hachiroku ini.

Jacki Suwandi, pemiliki mobil modifikasi Toyota AE86 “Initial D” tersebut mengatakan, dirinya memang sejak awal ingin memiliki mobil tersebut dan kemudian dimodifikasi mirip seperti mobil yang terdapat di film series Initial D. “Ketika dapat mobil itu enam bulan lalu, kemudian saya mendengar tentang penyelengaraan acara ini, saya langsung kebut pengerjaan mobil ini khusus untuk dipamerkan di IMX 2018. Pengerjaan restorasi dan modifikasi sekitar tiga bulan lebih,” katanya.

WhatsApp Image 2018-11-17 at 22.59.59

Ia menambahkan kalau dapat mobil tersebut hanya bodinya saja. Sebab interior dan mesinnya tak layak pakai. Ia pun lantas pergi ke Jepang untuk mencari spare part dan mesin bawaan AE86 dan membawanya ke Indonesia.

Motoris.id

Jacki tidak merubah sama sekali body ataupun bentuk Toyota AE86 Trueno itu. Ia hanya memodifikasinya mirip seperti di serial Initial D, termasuk memodifikasi mesin dengan meningkatkan kompresi mesin dengan mengganti piston dan per klepnya. Sejurus itu, proses wire tucking untuk “menghilangkan” perkabelan rumit di ruang mesin dijalani.

WhatsApp Image 2018-11-17 at 23.00.01
Sementara itu, “Interior orisinal dari Jepang, saya cari dan saya bawa sendiri. Full semua dari jepang persis 100 persen sama seperti di Initial D. Tadi juga ada orang Jepang lihat ke sini, dia kagum ada orang Indonesia mampu memodifikasi sedetail ini,” katanya.

Makanya tak heran ketika dipamerkan di Indonesia Modification Expo 2018 di Balai Kartini, mobil ini kabarnya ditawar seorang kolektor senilai Rp 1,7 miliar! Luar Biasa!