Sepanjang 2018 sudah banyak kegiatan yang kami lakukan di National Modificator & Aftermarket Association (NMAA). Kegiatan-kegiatan yang tentu saja berhubungan dengan otomotif khususnya modifikasi. Dan kami bersyukur di 2018 ini kami berhasil menyelenggarakan Indonesia Modification Expo (IMX), yang merupakan pameran modifikasi pertama Tanah Air yang nantinya akan menjadi flagship event tahunan NMAA. Nah, berikut ini adalah kaleidoskop atau rekaman peristiwa yang NMAA lakukan sepanjang 2018.

 

Trans Autovaganza

WhatsApp Image 2018-12-02 at 21.24.02

Trans Studio Mall Makassar tahun ini kembali menggelar Trans Autovaganza (28/11-2/12). Trans Autovaganza kali ini adalah yang ke-8, dimana acara ini merupakan salah satu pameran otomotif bergengsi yang selalu dinanti masyarakat Sulawesi Selatan. Bukan hanya karena diadakan di dalam mal, ketertarikan lain dari event ini adalah banyaknya mata acara (talk show, pameran mobil/motor baru, kontes modifikasi) juga hadiah yang ditawarkan untuk para pengunjung yang datang dan bertransaksi.

Tahun ini Trans Autovaganza menggandeng National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dan Otogammara (perkumpulan komunitas mobil Makassar) untuk menyemarakkan salah satu konten acaranya yaitu kontes mobil modifikasi. Maka dipilihlah 19 mobil terbaik di Makassar untuk kemudian dikerucutkan menjadi tiga terbaik dilihat dari modifikasi yang dilakukannya.

 

Indonesia Modification Expo (IMX)

WhatsApp Image 2018-11-18 at 15.47.57

Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 resmi diselenggarakan pada Sabtu-Minggu (17-18/11). Event pameran modifikasi pertama dan terbesar di Tanah Air ini bahkan menarik perhatian pejabat dari Kementerian Perindustrian, maka tak heran jika opening ceremony dihadiri Ir. Harjanto, M.Eng selaku Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) – Kementerian Perindustrian, dan Putu Juli Ardika selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) – Kementerian Perindustrian. Selain itu didatangi pula oleh Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian, Ketua DPR-RI Bambang Soesatyo beserta jajarannya.

IMX dibuat sebagai platform baru pameran modifikasi di Indonesia yang akan menjadi “mercusuar” perkembangan modifikasi Tanah Air. Maka dalam penyelenggaraannya tak hanya melibatkan modifikator, namun juga merek-merek aftermarket dalam dan luar negeri, pemegang merek mobil, komunitas, dan juga melibatkan praktisi dari Amerika Serikat serta Jepang. Hari pertama penyelenggaraan IMX, menjadi tempat diluncurkannya beberapa produk, kolaborasi, dan karya modifikasi yang siap diliris ke pasaran.

 

Civic Type R Diecast Custom Competition

WhatsApp Image 2018-11-23 at 22.27.32

Di Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 Honda menampilkan sebuah Civic Type R dengan stiker bodi, karya pemenang dari “Diecast Custom Competition” yang digelar pada periode 3-4 November 2018 di acara Indonesia Diecast Expo (IDE). Desain stiker bodi tersebut dibuat oleh Alanis dari Semarang yang berhasil menyisihkan lebih dari 70 desain diecast dan akan tampil selama ajang IMX 2018 pada tanggal 17-18 November 2018 di Balai Kartini, Jakarta.

Penilaian untuk “Diecast Custom Competition” dilakukan oleh tiga orang juri yang berpengalaman di bidang desain decal dari NMAA dan customizer diecast. Kriteria penilaian untuk kompetisi ini terdiri dari inovasi, kerapian, harmonisasi custom, fungsional, dan terutama dapat diaplikasikan ke mobil Honda Civic Type R.

 

Honda Brio V-Mod

Screen Shot 2018-10-01 at 3.25.13 PM

PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar kontes “Honda Brio Virtual Modification (V-Mod)” sebagai wadah untuk menampilkan kreativitas para peminat modifikasi digital di Indonesia. Kontes ini akan berlangsung selama periode 3 Agustus-4 Oktober 2018 yang terbuka untuk masyarakat umum. Kontes ini bekerjasama dengan NMAA untuk membuat regulasi dan penilaian peserta kompetisi.

Dalam lomba ini, seluruh peserta diwajibkan membuat modifikasi secara virtual dengan menggunakan model All New Honda Brio. Peserta dibebaskan untuk menuangkan kreativitas dan keahlian desain virtual mereka dengan menggunakan berbagai aliran modifikasi yang berbeda-beda. Ajang kompetisi modifikasi yang diselenggarakan secara digital/online ini pada tahun pertama penyelenggaraannya berhasil mendapatkan submissions karya hingga 562. Capaian ini merupakan raihan luar biasa dan sampai saat ini menjadi salah satu ajang kompetisi modifikasi digital terbesar yang pernah ada di Indonesia.

 

Kontes DigiMod Seru-Seruan All New Datsun GO

final datsun depan

Instagram @NMAA.id membuat aktivitas digital buat para pecinta digital modification a.k.a digimod. Event yang santai aja tapi berhadiah dari NMAA dan Datsun Indonesia ini berlangsung hanya seminggu.  Kontes seru-seruan ini punya rules yang mudah, yang pasti pesertanya harus follow Instagram NMAA.

Peserta dipersilakan membuat karya digital modification secara offline memakai software editing yang dikuasai. Lalu upload di Instagram masing-masing dengan me-mention akun @NMAA.id dan @id_Datsun, dengan hastag #DatsunGODigimod dan #DatsunGO. Karya-karya digimod terbaik dipilih dan muncul di Snapgram NMAA, selain itu polling finalis juga berlangsung via Snapgram akun Instagram @NMAA.id. Kontes ini berhadiah voucher jutaan rupiah!

 

NMAA Community Gathering di bjb Autobition

DSC07099

National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) berpartisipasi memeriahkan ulang tahun bank bjb ke-57 di kawasan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (13/5). Dalam keikutsertaan dalam kegiatan bjb Autobition itu, NMAA menggandeng beberapa aftermarket brand member, termasuk puluhan komunitas mobil dan ratusan anggotanya.

Kegiatan bjb Autobition merupakan bagian dari rangkaian acara perayaan ulang tahun Bank Pembangunan Daerah (BPD) terbesar di Indonesia itu, yang digelar bersamaan dengan gelaran West Java Coffee & Art yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Rangkaian acara HUT tersebut dihelat selama tiga hari, pada Jumat-Minggu (11-13/5).

Sementara pada bjb Autobition yang diikuti NMAA, konsep member gathering adalah tema kegiatan utama yang diisi beragam kegiatan. Mulai dari promo penjualan produk-produk aftermarket, parade eksebisi mobil modifikasi proper, coaching clinic, sampai games berhadiah.

 

Honda Decal Competition

DSC_2632

Honda Decal Competition yang merupakan kerjasama NMAA dengan PT Honda Prospect Motor berlangsung pada 12 Maret hingga 5 April 2018. Kompetisi yang terbuka untuk umum ini, mewajibkan peserta membuat digital body graphic yang dapat diaplikasikan menjadi cutting sticker pada bodi Honda Civic Type R. Peserta dibebaskan untuk mengeksplorasi kreativitas karya digital body graphic dengan tema sporty atau racing yang dapat diaplikasikan untuk sehari-hari. Desain yang menjadi juara pada kontes ini akan diaplikasikan pada Honda Civic Type R yang akan ditampilkan Honda di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Pemenang pertama akandiganjar hadiah uang tunai sebesar Rp 10.000.000,-, serta diberikan pengalaman melaju dengan Honda Civic Type R yang dikendarai oleh pembalap profesional di sirkuit Sentul. Sedangkan Social Media Winner mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 5.000.000,-. Nominasi lainnya juga akan mendapat sertifikat pengakuan sebagai nominasi pemenang 5 besar kompetisi digital competition Honda Civic Type R.

 

Great Indonesia Osaka Auto Messe

2c6e2073-d61f-4e7f-9694-92f03c5803f7

Tim National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) beserta rombongan merek aftermarket dan modifikator Indonesia menuju ke Osaka, Jepang untuk menjalankan misi movement Great Indonesia, (8-13/2) lalu. Tujuannya adalah berpameran di Osaka Automesse untuk memperkelankan produk-produk aftermarket Indonesia dan juga hasil karya modifikasi dari Tanah Air ke khalayak Jepang.

Di gedung INTEX Osaka tempat berlangsungnya acara terdapat Indonesia “island” dipamerkan satu unit Mercedes-Benz E250 W212 milik Chandra Kenzo, yang dibawa langsung dari Indonesia. Mobil tersebut dipilih karena mewakili tren proper car scene berciri khas Indonesia yang mengedepankan unsur custom nan rapi. Mobil ini sepenuhnya dimodifikasi rumah modifikasi Ladas Garage asal D.I Yogyakarta.