Harus diakui warna mobil hitam menjadi pilihan kelir yang perlu diperhatikan ekstra soal perawatannya. Bahkan tak jarang praktisi car care yang menyarankan membersihkan mobil hitam setiap hari. Kalau perlu ditambah dengan proses detailing dan paint protection dapat membuat warna cat lebih terjaga dan tak lekas kusam.

WhatsApp Image 2019-01-14 at 21.48.47

Nah, kalau kalian adalah tipe yang senang merawat mobil di rumah, coba perhatikan beberapa langkah di bawah ini dalam usaha untuk merawat mobil berwarna hitam kalian.

  1. Hindari jamur berkembang cepat.

    Jamur terjadi ketika ada air di permukaan mobil yang menguap karena panas sinar matahari. Maka, cucilah mobil saat pagi atau sore hari.

  2. Hindari baret halus dan swirl (sarang laba-laba).

    Lakukan proses mengelap dengan gerakan searah. Gunakan lap khusus berbahan dasar microfiber yang dapat membuat kotoran terperangkap dan mudah dibuang.

  3. Proses detailing dan paint protection.

    Bertujuan agar lapisan pernis dapat terjaga ketebalannya dan dapat menghilangkan baret serta swirl. Karena lapisan pernis yang tipis pada warna hitam akan membuatnya lebih cepat terlihat kusam. Idealnya detailing dilakukan minimal setahun sekali.

  4. Hindari sabun berbahan deterjen untuk mencuci mobil.

    Sifat kimiawi deterjen dalam jangka waktu lama dapat membuat lapisan cat menjadi lebih cepat kusam. Disarankan untuk menggunakan shampoo dan sabun berbahan dasar air yang kini banyak tersedia di pasaran.

  5. Saat membersihkan mobil dengan menggunakan kemoceng.

    Hindari cara dengan ditekan, melainkan cukup dengan diseka saja. Penekanan pada kemoceng dapat menimbulkan baret dan swirl karena kotoran yang terperangkap dalam kemoceng.

  6. Pastikan mobil bersih saat menyimpannya memakai sarung mobil.

    Karena debu akan mudah tertimbun dalam waktu cepat. Pilih sarung mobil dari bahan yang halus agar tak menggores lapisan cat.