Seperti yang kita tahu, di ranah otomotif nama Yamaha dikenal sebagai pabrikan yang konsisten membuat kendaraan roda dua. Tak terhitung banyaknya jenis motor pernah dibuat merek asal Hamamatsu, Shizuoka, Jepang ini untuk meneguhkannya menjadi salah satu brand motor terbaik di dunia.

Toyota 2000GT engine

Bahkan Yamaha Corporation sebagai induk perusahaan, juga memiliki banyak produk di luar otomotif, di antaranya adalah alat musik dan robot. Publik pun mengakui keandalan produk-produk Yamaha lainnya.

Namun kiprah Yamaha di dunia mobil justru kurang mengilap. Padahal Yamaha pernah memubuat beberapa prototipe mobil yang sepertinya tak akan pernah dibuat massal. Alih-alih Yamaha malah memproduksi dapur pacu hebat yang disumbangkan ke beberapa merek mobil. Yamaha dianggap sukses membuat mesin-mesin dengan bobot ringan, namun bertenaga besar.

Celica GT4 engine 3SGTE

2ZZ GE Lotus

Nah, beberapa yang mendapat pasokan mesin dari Yamaha dimulai dari kerjasama dengan Toyota. Pada tahun 1967, Toyota 2000GT yang melegenda diluncurkan dengan menggendong mesin 4A-GE yang didesain oleh Yamaha. Mesin yang sama juga diadopsi Sprinter Trueno AE86.

1 LR GUE LFA

V8 2UR-GSE

Yamaha juga dipercaya membuatkan mesin untuk Celica GT-Four, dengan kode yang kita kenal dengan 3S-GTE. Kolaborasi ini berlanjut pada saat mesin 2ZZ-GE yang dipakai Toyota Celica GT-S dan Lotus Elise. Kolaborasi antara Yamaha dan Toyota berlanjut ketika Lexus LF-A diperkenalkan, mesin V10 1LR-GUE hasil pengembangan Yamaha mendapatkan banyak penghargaan.

Sukses dengan Lexus LF-A, Yamaha kembali berkontribusi atas jantung penggerak yang terdapat pada Lexus IS-F, RC-F, serta GS-F bermesin V8 2UR-GSE.

Ford Saurus Yamaha Engine

Volvo XC90 Yamaha engine

Menariknya, kesuksesan Yamaha mengembangkan mesin-mesin hebat untuk mobil, membuat pabrikan asal Amerika Serikat, Ford, tertarik untuk menggunakan mesin V6 3.000cc racikan Yamaha ke dalam ruang mesin Ford Taurus SHO pada tahun 1989. Selain itu, Yamaha juga mendesain mesin V8 4.400cc untuk Volvo XC90 dan S80.

Yamaha juga menciptakan mobil konsep bernama Yamaha OX99-11 yang digerakkan mesin Yamaha V12 pada 1992. Mesin tersebut menjadi dasar untuk memasuki balap Formula 1 sebagai pemasok mesin kepada tim Zakspeed, Brabham, Jordan, Tyrell, serta Arrows di medio ’90-an.