Setelah beberapa bulan tidak beraksi di lintasan balap, Innova Community Racing Team (ICRT) beraksi di lintasan sirkuit International Gelora Bung Tomo dalam ajang Drag Series di Surabaya, 5-7 April lalu. Menurunkan 3 pembalap yakni Chiang, Hendra Wijaya, dan H. George,  ICRT berhasil mendapatkan juara 5 di bracket waktu 10 detik dengan waktu 10.337 detik atas nama H. George.

5. bertiga

Yang menarik Hendra Wijaya meski tidak mendapatkan juara karena break out, namun berhasil memecahkan rekor sebagai Kijang Innova tercepat di lintasan 201 meter dalam ajang drag resmi di Indonesia dengan waktu 9.923 detik! Catatan waktu tersebut sekaligus mentasbihkan All New Innova racikan ICRT sebagai Kijang Innova tercepat di Tanah Air.

Modifikasi Mesin Diesel

4. engine bay

Untuk membangun Kijang Innova tercepat memang tidak mudah. Apalagi, “Karena Innova ini termasuk masih baru, masih sulit untuk mendapatkan performance part-nya. Masih harus trial and error soal part mana yang cocok,” ujar Chiang, tuner ICRT dari Garage Autowerk – Bandung. Selain itu, ternyata biaya yang dikeluarkan juga tidaklah murah, untuk membangun 1 unit All New Kijang Innova seperti ICRT membutuhkan sekitar Rp 75 juta dan menghabiskan waktu sekitar 6 bulan.

Modifikasi yang dilakukan seputar mesin diesel bawaan dimulai dari penggantian turbo VNT standar dengan turbo RHF4. Tujuannya untuk menghasilkan boost lebih besar sekitar 2,2 bar dari sebelumnya 1,2 bar.  Header custom Equal Length buatan Garage Autowerks juga dipasang untuk mengakomodasi turbo baru.

3. chiang n ipah

Tak ketinggalan air filter diganti dengan aftermarket berbahan cotton dari K&N, dan box filter diganti dengan box custom berbahan aluminium. Lanjut dengan penambahan intercooler dengan custom piping untuk mendinginkan udara bertekanan tinggi yang dihasilkan turbo. Terakhir adalah memasang custom fuel system dari Garage Autowerks.

Setelah sektor mekanikal selesai, tidak lupa fine tune pada bagian eletronikal atau ECU dengan cara me-remap serta memasang piggyaback Monstermax dari ECU=Shop sehingga mesin bisa bekerja  lebih baik menyesuaikan dengan modifikasi yang telah dilakukan.

 

Aksesori Pendukung

6. DYNO SHEET (1)

Untuk mengimbangi modifikasi di sektor mesin, kaki-kaki Kijang Innova tercepat itu pun turut di-upgrade agar lebih mudah dikontrol. Per standar diganti merk Eibach, sokbreker memakai IMB 2-way adjuster, velg pun dipilih lansiran ROTA Grid ukuran 18x(8,5+9,5) inci dengan balutan ban Toyo T1S 235/50R18 dan 275/40R18.

Selain itu, agar penampilan mendukung performa mesin yang sudah meningkat, kap mesin diganti dengan carbon hood custom buatan Garage Autowerks. Selain tampilan terlihat lebih “racing look”, bobot mobil juga berkurang karena penggunaan kap mesin berbahan serat karbon.

7. piala

Oh ya, dipasang pula beberapa info meter untuk memantau kondisi mesin. Di antaranya adalah boost meter, EGT meter, oil pressure meter, serta oil temperature meter merek Autometer. Tidak ketinggalan pemasangan turbo timer dari Portman.

Dari semua modifikasi di atas, tenaga yang dihasilkan dari pengujian di mesin dynamometer adalah sebesar 238,5 hp di 4000 rpm dan torsi 580 Nm. Yang asyik Kijang Innova Tercepat ini sehari-hari masih bisa memakai Bio Diesel dengan konsumsi 1:12. Jadi mesin diesel bawaan Toyota Innova terbaru ini bisa dimodifikasi kencang sekaligus efisien dipakai harian.