Sampai saat ini masih ada perdebatan mana yang terbaik antara body wrapping dengan cat pada mobil. Produsen stiker asal Amerika itu sedari awal bahwa wrapping bukan merupakan pengganti cat. Alih-alih body wrap dianggap sebagai “mantel” yang melindungi permukaan cat. Tidak bisa dibandingkan karena mekanisme keduanya sangat berbeda.

WhatsApp Image 2018-07-29 at 22.13.20(1)

Cat merupakan proses pewarnaan mobil secara permanen menggunakan cairan yang terdiri salah satu dari unsur ini; urethane, acrylic, dan metallic. Sementara stiker wrap menggunakan kertas vinil yang ditempatkan di atas permukaan cat mobil dengan berbagai kegunaan, mulai dari melindungi cat, media promosi, atau mengganti warna yang sifatnya sementara.

Artinya, keduanya tak bisa dibandingkan secara apple to apple. Body wrap bisa membantu proses modifikasi dalam soal penggantian warna tanpa menghilangkan jejak kondisi standar bawaan mobil. Karena itu manfaat dan efektivitas antara cat dengan body wrap tak bisa dibandingkan begitu saja.

sema-2017-widebody-rc

Faktanya pengecatan untuk satu bodi utuh sekurangnya membutuhkan biaya yang terbilang besar dengan proses pengerjaan berminggu-minggu. Karena bahan kandungannya maka umur cat bisa sangat panjang. Sementara karena body wrap sifatnya hanya penunjang, maka harga membungkus satu bodi cukup murah dan bahkan bisa dikerjakan hanya dalam hitungan hari.

Tapi ingat, yang menentukan harga jual mobil jika kemudian dijual salah satunya adalah kondisi cat yang masih baik, bukan lapisan stikernya. Artinya kalian bisa menggunakan stiker bodi hanya untuk melindungi cat mobil sekaligus memodifikasi tampilannya tanpa harus merusak kelir standar.

Jadi, sudah jelas jawabannya soal perdebatan mana yang baik antara body wrapping dan cat kan?