Pria asal Banyuwangi, Jawa Timur, Dandung Prasojo terpilih menjadi juara kompetisi modifikasi digital bertajuk Kemenperin AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Pedesaan) Digimodz. Kompetisi ini diselenggarakan atas kolaborasi antara PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI), National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

WhatsApp Image 2019-09-28 at 12.00.00

Kompetisi tersebut telah diselenggarakan pada 9 Juli hingga 5 Agustus 2019. Sebanyak lebih dari 100 peserta dari dalam negeri ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini, dengan mengirim design modifikasi khusus untuk kendaraan AMMDes. Pengumuman pemenang dilakukan bertepatan pada ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 pada Sabtu, (28/9) kemarin di Balai Kartini, Jakarta Selatan.

WhatsApp Image 2019-09-28 at 11.41.17

Design  pengaduk semen (mini mixer truck) milik Dandung yang berhasil merebut Piala Kemenperin ini terpilih karena telah dinilai oleh para juri sebagai design yang paling cocok dengan fungsi AMMDes sebagai kendaraan multi fungsi di pedesaan.

Dandung yang merupakan seorang freelance designer ini mengungkapkan, ide pengaduk semen yang ia design datang, setelah ia melihat beberapa kendaraan AMMDes yang telah ada sebelumnya, belum terdapat design yang termodifikasi untuk pembangunan di desa.

WhatsApp Image 2019-09-29 at 10.07.27
“Kalau dipedesaan kan atau daerah setelah bencana kan butuh banyak pembangunan, saya konsepnya ini. Biasanya kan di desa pakainya mixer yang didorong, atau ditarik, itu kurang, nah ini saya ingin tuh bisa menyatu dengan kendaraan,” katanya.

Ia berharap, lebih banyak lagi design modifikasi yang muncul untuk dimanfaatkan dan diaplikasikan ke kendaraan AMMDes. Misalnya, design AMMDes pengangkut ikan di daerah pesisir, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan, kompetisi ini diselenggarakan untuk meningkatkan gairah modifikasi di Indonesia. Ia mengapresiasi kepada para pemuda yang telah berpartisipasi dan juara, serta ikut menyumbang design modifikasi yang fungsional untuk AMMDes, beberapa diantaranya ada untuk pengaduk semen, ambulans, pemadam kebakaran, juga search and rescue.

WhatsApp Image 2019-09-28 at 11.41.15
“Ini (pesertanya) benar-benar anak muda, sudah bisa menginspirasi, ini tadi salah satu pemenangnya dijadikan prototipe oleh industrinya. Ini tentunya akan mendorong talenta-talenta kita untuk berkreasi,” katanya.

Sementata itu, para pemenag Kemenperin AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Pedesaan) Digimodz ialah, Dandung Prasojo (juara utama), I Made Arinata Candradeva (juara favorit media sosial), Radya Augie, Randi Anggoro, dan Wufiqo Al Kistduem.