Tema yang dibawa IMX 2019, “The Power Of collaboration”, terealisasi pada banyak aktivasi, kegiatan, dan juga modifikasi. Salah satunya terjadi pada Datsun GO! With MQQN yang dipamerkan pada booth Datsun. Datsun GO kuning hasil kolaborasi Datsun Indonesia, Mooneyes, dan beberapa modifikator Tanah Air tersebut berhasil menyita perhatian pengunjung IMX 2019 dengan tampilannya.

WhatsApp Image 2019-10-01 at 16.48.31

“Mooneyes merupakan salah satu iconic culture yang cukup kuat dalam modifikasi. Hal tersebut sejalan dengan apa yang  dilakukan oleh Datsun, di mana Datsun secara historical sudah banyak bermain modifikasi. Semangatnya sama-sma memberikan inspirasi bagi para kaula muda, sehingga dengan spirit yang sama ini diwujudkan dalam Datsun GO Mooneyes special edition,” kata Head of Marketing Datsun Indonesia, Christian Abraham Gandawinata.

WhatsApp Image 2019-10-01 at 16.46.50

Yang menarik, meski tampilannya sukses menarik perhatian khalayak, spesifikasi ubahannya ternyata tidak banyak. Sektor eksterior dengan mengganti warna bodi menjadi kuning khas Mooneyes adalah hal yang sangat berpengaruh signifikan. “Konsep modifikasi Datsun GO! With MQQN awalnya digambar sketsa oleh Shige Suganuma, bosnya Mooneyes dari Jepang. Lalu kita di sini coba menerjemahkannya,” kata Chris Zibekk dari ZC Distromotive, Burangrang, Bandung  yang mengerjakan eksterior.

WhatsApp Image 2019-09-27 at 20.29.59

Ubahan kelir bodi dilakukan dengan melapis bodi dengan stiker Oracal kuning yang mirip dengan signature color Mooneyes. Lantas diberikan livery bodi lagi di atasnya dengan desain khas mata dan logo Mooneyes. “Velg standar Datsun GO diganti dengan velg kaleng ukuran 15 inci dengan ban Achilles 123S, lalu dipasangi Moondisc khas Mooneyes,” tambah Zibekk. Agar mengkuti spek mobil-mobil modifikasi Mooneyes, maka ditambahkan spacer sekitar 5mm di balik velg agar posisinya agak keluar.

WhatsApp Image 2019-10-01 at 15.32.55(1)

Dan untuk bagian tersulit adalah penggarapan suspesi. Untuk mendapatkan keceperan maksimal tak cukup dengan memotong per standar, “Sokbreker juga di-rebuild, dipotong pendek sekitar 3cm dan dibuatkan tabung yang baru,” jelas Zibekk. Dengan langkah tersebut velg pun bisa celup ke spakbor seperti yang terlihat.

WhatsApp Image 2019-10-01 at 15.32.55(2)

Untuk penggarapan interior dilakukan oleh AXIS Leather Car Seat di Jl. Buah Batu 136 Bandung. Wintarko Gunawan, pemilik AXIS yang turun langsung menggarap interior Datsun GO! With MQQN. “Saya bangun aksen sporty, klasik, dan modern sekaligus karena Mooneyes karakternya kurang lebih seperti itu,” bilangnya.

WhatsApp Image 2019-10-01 at 15.32.55(3)

Aksen klasik didapat dengan memaksimalkan cutting lurus pada jok dan diberikan warna bahan kuning agar menimbulkan kesan sporty serta senada dengan eksterior. Sementara unsur modern didapat dengan gaya jahitan double stitch dengan warna kontras pada pinggiran jok. Hasilnya, interior salah satu sektor yang mendapat decak kagum Shige Suganuma saat inspeksi mobil ini sebelum ditampilkan ke muka umum.

WhatsApp Image 2019-10-01 at 15.32.55

Sebagai penggenap, beberapa aksesori kecil khas Mooneyes dipasang oleh Mooneyes Indonesia. Di antaranya adalah Mooneyes antenna topper dan Mooneyes wiper emblem, selain Moondisc ikonik merek sohor dunia kustom kulture tersebut. Dengan semua ubahan tersebut, mobil ini menjadi Datsun GO! With MQQN satu-satunya di dunia.