Kemarin (29/10), pembalap Formula 2 asal Indonesia, Sean Gelael, di akun Instagram-nya @gelaelized mem-posting tampak depan mobil balap yang akan dipakainya. Yang menarik, gambar tersebut bukanlah tampilan sebuah mobil Formula 2, alih-alih Sean menampilkan Citroen C3 R5 yang akan dipakainya untuk kejurnas reli di Sumatera Utara akhir November mendatang. Yang jelas ini bukanlah mobil biasa.

sean gelael

WhatsApp Image 2019-10-30 at 23.49.45

Citroen C3 R5 sesuai namanya masuk ke dalam kelas R5 atau kini WRC2 dan WRC2 Pro merupakan kelas yang sangat populer dan diminati di Eropa. Karena konsep reli R5 ini memungkinkan tiap pabrikan yang ikut serta diperbolehkan membuat mobil dengan harga yang lebih terjangkau dan dikerjakan langsung oleh para engineer pabrikan tersebut. Artinya tim privateer bisa ambil bagian di dalam balap reli bergengsi tersebut.

C3R5_-_Build

Apa saja modifikasi yang dilakukan untuk mobil ini? Yang jelas tak seberat modifikasi mobil-mobil WRC yang merupakan kelas utama. Pada eksterior ada penggantian fender dengan lebih lebar. Hal tersebut karena track antar roda lebih lebar mengingat mobil reli mengharuskan manuver-manuver tajam selama kompetisi. Sebaliknya, karena masuk ke dalam kelas yang tak ringan, maka tak akan ditemukan body kit tambahan di eksterior selain wing di buritan.

Citroen C3 R5 5

Konsep kaki-kaki merupakan hal krusial. Citroen Racing membuat suspensi MacPherson bawaan C3 menjadi adjustable strut dengan three way adjustable damper. Selain itu diperkuat dengan big brake kit Alcon 370mm dan 300mm empat pot di depan dan belakang. Untuk sasis mobil  ini sudah dihomologasi FIA dengan reinforced steel multipoint welded. Termasuk untuk urusan bodi yang memakai steel and composite fiber panels.

DX2_5842_0

30_0

Sementara dapur pacu adalah Citroen Racing GRE 1.6 Direct Injection Turbocharger, yang merupakan mesin hasil racikan khusus tim riset dan pengembangan Citroen Racing. Mampu memproduksi tenaga 282 hp dengan torsi besar 420 Nm pada 4.000 rpm, mesin tersebut dikawinkan ke girboks SADEV 5 Speed Sequential.

Kembali ke Sean, dunia reli bukan hal asing baginya sebab ia pernah berkiprah di ajang ini. Bahkan Sean pernah menjadi co-driver ayahnya yang pereli nasional, Ricardo Gelael. Jadi bagaimana hasil balapnya nanti? Kita tunggu saja.