Tokyo Auto Salon (TAS) 2020 baru saja berakhir (10-12/1). Kegiatan pameran tahunan modifikasi ini jadi salah satu kiblat modifikator dari seluruh dunia. Sekurangnya  6.000 unit mobil ditampilkan pada TAS 2020 baik sebagai show car para aftermarket brand, juga unit modifikasi resmi para produsen mobil. TAS sudah sejak lama memang menjadi salah satu show yang wajib diikuti para car maker untuk melansir atau memamerkan unit modifikasi mereka ke pasaran.

Nah, di bawah ini adalah 12 mobil modifikasi/konsep para car maker yang paling jadi pembicaraan pada TAS 2020:

1. Honda S2000 20th Anniversary Prototype

0108

Roadster legendaris ini dipamerkan sebagai peringatan 20 tahun lahirnya S2000. S2K 20th Anniversary Prototype dihadirkan dengan beberapa pembeda, di antaranya aero bumpers dengan grille besar, headlamp dengan proyektor, pilar A berwarna hitan, suspensi racikan khusus, serta penambahan audio lebih advanced.

 

2. Honda Civic Cyber Night Japan Cruiser

0312

Mobil ini mengambil basis Civic Type R EK9. Konsepnya adalah menghubungkan generasi antara konsep masa depan dengan “underground”. Karena itu diberikan modernisasi pada Civic hatchback tersebut. Di antaranya body kit dengan desain agresif, lampu depan modern, velg sporty, dan spoiler atap yang besar di bagian belakang. lama dan Neo Jepang dimana adanya kombinasi dari konsep masa depan dan underground.

 

3. Honda Stepwgn Kachatto-Wagon

0204

Kachatto-Wagon dibangun dari basis MPV hi-roof Honda bernama Stepwgn. Sebagai mobil multipurpose dengan lantai yang sangat datar dan memiliki fungsi tampilan interior yang fleksibel. Bahkan bisa membawa sebuah motor dan beberapa barang keperluan traveling dengan mudah.

 

4. Nissan Skyline 400R Sprint Concept

Nissan Skyline 400R Sprint Concept

Salah satu mobil konsep yang dibawa Nissan ke TAS adalah Skyline 400R. Jangan salah, mobil ini bukan berbasis GT-R namun Infiniti Q50. Skyline dan GT-R sendiri sudah berpisah dan menjadi lineup mobil sendiri-sendiri. Sprint 400R dirancang dengan tampilan agresif, lengkap dengan imbuhan lip bumper, side skirt, serta spoiler sehingga menambah aura racing-nya. Begitu juga pada sisi kap mesinnya masih mengambil dari R35 dan bumper memiliki air duct cukup besar, serta velg diganti forged hitam yang membuat tampilannya kian garang.

 

5. Nissan Skyline Deluxe Advanced

Screen Shot 2020-01-15 at 1.56.34 AM

Sama-sama berbasis Infiniti Q50, Nissan Skyline Deluxe Advance dirancang dengan mengeksplorasi sisi kemewahan dari sedan. Konsep satu ini menampilkan skema cat dua warna yang stylish menggabungkan matte brown dan matte silver, yang juga merambah ke velg. Yang menarik mobil konsep ini dilengkapi Nissan Intelligent Mobility dimana sistem ProPilot membuatnya menjadi mobil semi otonom.

 

6. Nissan GT-R 50th Anniversary Edition

nissan_gt-r_50th_anniversary_3

Mobil ini jadi salah satu highlight di booth Nissan pada TAS 2o2o. Berbasis dari GT-R model year 2020, mobil ini diperkaya dengan sentuhan khusus, seperti detail interior, warna chat khusus, dan special badging. Warna Bayside Blue dikombinasikan strip putih diatas kap, hoop, dan bagasi.  Bagian velg mendapatkan stitching biru tipis dibagian permukaan jari-jari. Lantas bagian buritan juga diberikan finishing tipis pada ujung muffler.

 

7. Mitsubishi eK Cross The Cute Beast

Mitsubishi eK

Mitsubishi Motors menghadirkan 7 mobil modifikasi di TAS 2020. Namun beberapa cukup menarik perhatian, seperti misalnya
eK Cross”. Mobil ini diubah menjadi The Wild Beast yang menekankan kesan mobil adventure, meski eK Cross sendiri merupakan Kei Car. Karena itu konsep ini dinamakan The Cute Beast. Agar mencolok maka warna bodi diberi kelir kuning dan hitam, serta sisi atap dan tailgate memiliki aksen kamuflase hitam/abu-abu. Bannya dipakaikan Toyo Tires Open Country R/T dengan kembangan yang kasar.

 

8. Mitsubishi Delica D:5 Eye Cute Terry Ito

Mitsubishi Delica retro

MPV ini adalah hasil modifikasi Terry Ito, sutradara, produser dan comedian TV terkenal di Jepang. Bagian depan dibuat lebih panjang dengan grille rancangan baru serta lampu bundar. Pemakaian warna matte hijau muda membuat mobil ini army look, apalagi dipasangi velg kaleng Daytona MLJ yang dibalut ban Yokohama Geolandar CV G058 menimbulkan kesan retronya. Di interior, tempat duduk dibalut kain kursi dengan pola tartan, dan dihias seperti Terry Ito yang sangat fashionable.

 

9. Daihatsu Taft Concept

Daihatsu Taft Concept
Daihatsu melalui TAS 2020 menghadirkan Daihatsu Taft terbaru. Daihatsu Taft merupakan singkatan dari Tough Almighty Fun Tool dan masuk menjadi jajaran Kei Car bukan semacam SUV seperti pendahulunya. Salah satu fitur yang menjadi perhatian pada Taft terbaru adalah atapnya, terbuat dari kaca. Sehingga suasana di dalam kabin diklaim terasa luas dan lebih terbuka. Tak hanya itu, ruang bagasi juga memiliki desain datar dan mudah digunakan.
10. Toyota GR Yaris

GR Yaris

Toyota resmi meluncurkan GR Yaris versi produksi massal di TAS 2020. GR Yaris lahir dari homologasi FIA World Rally Championship (WRC), maka tak heran performanya tinggi. GR Yaris datang dengan tiga pintu. Bagian bodi dibalut warna putih sedangkan bagain atas atau atap mobil berlabur hitam dari plastik yang diperkuat dengan serat karbon. Bagian belakang atapnya dibuat agak miring ke atas, yang disengaja dibuat untuk menambahkan mobil reli. Mesinnya  G16E-GTS 1.600 cc tiga silinder turbocharger, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 268,1 dk dan torsi 370 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan AWD.

 

11. Suzuki Swift Sport Katana

Swift Sport Katana

Membawa basis wajah generasi terbaru, Suzuki Swift Katana tampil lebih enerjik. Model hot hatch yang dimodifikasi terinspirasi motor sport legendaris tersebut, tampil gahar dengan berbagai ubahan di setiap sisi. Mobil ini dapat widebody kit, yang mencakup spoiler bumper depan, side skirt, diffuser belakang, dan lengkungan roda yang melebar, dan roda 18 inci dengan aksen merah, serta ban berukuran 235/40 seri Yokohama Advan Neova AD08R dan rem yang lebih dengan kaliper merah.

 

12. Suzuki Jimny Dronco

Jimny Klasik Model

Sebagai model paling laris saat ini, Suzuki membuat beberapa modifikasi untuk Jimny. Namun paling menarik adalah Jimny Dronco, yang dimodifikasi untuk mengenang SUV legendaris Ford Bronco era 1960-an. Jimny Dronco digarap oleh Dream Automotive Design and Development (DAMD), dengan ubahan pada grille dan bumper baru model palang yang klasik. Over fender pun dihilangan dan digantikan chrome list untuk menampilkan aksen tuanya. Velg bawaan juga dipensiunkan, diganti velg kaleng dan dibalut ban dual-purpose.