Sejarah pameran otomotif sejatinya bergeser seiring zaman. Jika dulu yang dipamerkan adalah mobil-mobil model baru yang siap dijual, namun saat ini fungsinya semakin meluas. Pameran otomotif bisa menjadi ajang pengenalan inovasi produk terbaru/konsep, komponen suku cadang dan aksesori/modifikasi yang sekaligus menjadi atraksi bagi pengunjung.

Nah, di dunia setidaknya terdapat beberapa pameran modifikasi yang dikenal luas. Bahkan pameran-pameran tersebut dimasukkan menjadi program tahunan pabrikan untuk memamerkan karya modifikasi resmi, baik berupa mobil, aksesori, atau bahkan unit high performance hasil karya in-house tuner masing-masing pabrikan. Pameran-pameran tersebut pada akhirnya ikut menentukan pergerakan industri otomotif ke depan menjadi seperti apa.

WhatsApp Image 2019-09-28 at 12.51.29

Di Tanah Air sendiri, expo modifikasi sudah mulai berjalan sejak 2018 lalu oleh Indonesia Modification Expo (IMX) 2020. Semakin tahun expo modifikasi tersebut semakin membesar, kuat, dan dipercaya khalayak dan tenant. Untuk itu IMX tahun ini dihelat di lokasi yang lebih besar dibanding sebelumnya, yaitu di Jakarta Convention Center (JCC) pada 10-11 Oktober 2020. Harapannya expo ini akan menjadi salah satu pameran otomotif yang menjadi rujukan industri modifikasi dan aftermarket dunia, seperti halnya beberapa event expo serupa seperti di bawah ini;

 

SEMA Show

SEMA Show - wardsauto.com

Specialty Equipment Market Association (SEMA) Show merupakan pameran modifikasi tahunan terbesar di dunia asal Amerika Serikat. Dimulai sejak 1967, pada awalnya dinamakan Speed Equipment Manufacturing Association atau sesuai nama asosiasi penyelenggaranya. Namun, karena kekhawatiran  tentang regulasi pemerintah dan untuk membesarkan pangsa pasar modifikasi/aftermarket, maka nama tersebut diubah menjadi  Specialty Equipment Market Association.

Acara pertama diadakan di ruang bawah tanah Stadion Dodger di Los Angeles yang dipadati 3.000 orang pengunjung. Pada 1974 acara pindah ke Anaheim Convention Center untuk mengakomodasi lebih banyak peserta dan tenant booth. SEMA Show kemudian berpindah lokasi lagi  ke Las Vegas Convention Center pada 1977 sampai saat ini sejak 1977.

Seiring berjalannya waktu, penyelenggara kemudian menggelar kompetisi bertajuk SEMA Battle of The Builders sejak 2014. Kegiatan ini dikonsep untuk memilih dan menunjuk siapakah modifikator yang karyanya paling memukau sepanjang tahun, untuk selanjutnya dirayakan dalam SEMA Ignited (after party event).

Dalam tiap penyelenggaraan SEMA Show menghadirkan ribuan mobil modifikasi dari berbagai gaya yang dipamerkan sebagai “etalase” produk, pabrikan mobil, atau privateer. Selain itu SEMA Show juga menjadi tempat beragam produk aftermarket melakukan perilisan resminya, khususnya produk dari kawasan Amerika. Tal heran jika kemudian jutaan orang dari seluruh dunia selalu hadir di event yang biasanya diselenggarakan pada bulan November setiap tahunnya tersebut.

 

Tokyo Auto Salon & Osaka Auto Messe

Osaka Auto Messe - dcdn.cdn.nimg.jp

Car culture Jepang selalu menarik di mata pecinta otomotif seluruh dunia. Selain karena Jepang merupakan salah satu produsen otomotif terbesar di dunia, budaya masyarakatnya yang ulet dan penuh gagasan, membuat car culture di sana menjadi salah satu sorotan para petrolhead. Baik dari ranah motorsport, car meet, dan juga modifikasi.

Dari ranah modifikasi, ada dua pameran yang selalu dinanti-nanti, yaitu Tokyo Auto Salon (TAS) dan Osaka Auto Messe (OAM) yang disupervisi oleh Nippon Auto Parts And Aftermarket Committee (NAPAC) atau asosiasi modifikasi Jepang yang sudah menginjak umur 70 tahunan.

Kedua pameran modifikasi tersebut sejatinya memiliki irisan pangsa pasar yang berbeda, termasuk juga dalam penyajian tema. Jika TAS lebih kepada tempat diluncurkannya produk-produk aftermarket baru dari para tenant, OAM lebih kepada event yang meng-gather komunitas otomotif, meski dibalut dengan pameran modifikasi. Dan sesuai namanya TAS akan selalu diadakan di kota Tokyo pada bulan Januari, sementara OAM di Osaka pada Februari setiap tahunnya.

Osaka Automesse sendiri menjadi salah satu pameran internasional yang akan didatangi tim Great of Indonesia yang berisi merek-merek aftermarket Indonesia pada 14-16 februari mendatang. Event ini sudah menjadi lokasi tujuan dalam mengenalkan produk-produk lokal ke mancanegara dalam 2 tahun belakangan. Akan ada brand lokal apa saja dan bagaimana tren serta keseruannya? Nantikan laporannya pada pertengahan Februari mendatang langsung dari Osaka Automesse 2020 yang dihelat di INTEX Osaka.

 

Essen Motor Show

Dari belahan benua Eropa terdapat event pameran otomotif Essen Motor Show yang selalu diadakan di kota Essen, Jerman. Sama halnya SEMA Show atau TAS/OAM, di Essen Motor Show ditampilkan beragam produk aftermarket yang kebanyakan diisi oleh merek-merek dari Jerman dan Eropa.

Namun yang menarik, Essen Motor Show juga menampilkan mobil-mobil racikan in-house tuner pabrikan mobil sebagai salah satu main focus-nya. Selain itu restorasi mobil-mobil tua dan klasik juga mendapat tempat besar pada pameran ini. Penyelenggaraan tahun 2019 lalu (30 November-8 desember) merupakan ke-52 kalinya event tahunan ini diselenggarakan.

 

AMPA

AMPA

Pameran otomotif dan suku cadang asal Taiwan, AMPA merupakan gabungan dari beberapa pameran yang fokus di industri otomotif seperti Taipei Auto Parts & Accessories Show (Taipei AMPA), Taipei Automobile Electronics Show, Taiwan International Intellegnet Transportation Show, The Taiwan International Motorcycle Industry Show, dan Taiwan International Car Tuning & Car Care Show.

Diselenggarakan oleh Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan (TAITRA), bersama oleh Asosiasi Transportasi MFRS Kendaraan Taiwan (TTVMA), Taipei AMPA sudah diselenggarakan ke-36 kalinya. Artinya produk otomotif Taiwan sangat berkembang dan diminati khalayak luas. Dalam setiap penyelenggaraan, AMPA selalu diikuti ribuan produsen komponen yang datang dari dalam Taiwan maupun luar negeri. Dan pada 2020 ini akan diadakan pada 15-18 April mendatang.