Virus Corona sedang mewabah di hampir setiap negara. Tak terkecuali di Indonesia. Hingga artikel ini dimuat, jumlah pasien positif Covid-19 karena terinfeksi virus corona di Indonesia masih terus bertambah sejak pemerintah mengumumkan adanya kasus corona pada 2 Maret 2020. Menurut data terakhir dari website covid19.co.id per 26 Maret 2020, terdapat 893 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Sebanyak 78 orang meninggal dunia, dan 35 orang dinyatakan sembuh.

Namun, langkah-langkah preventif untuk mencegah penularan tentu mesti dilakukan. Termasuk para petrolhead yang masih menjalani mobilitas harian. Merebaknya virus corona di Tanah Air membuat akses informasi warga semakin tinggi. Sejak wabah corona merebak di beberapa wilayah dan sejumlah pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan bekerja dari rumah.

Jika terpaksa harus keluar rumah menggunakan mobil modifikasi ini yang harus dipersiapkan:

Cuci tangan sebelum dan sesudah menyetir. Pasalnya, tangan merupakan bagian dari anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kuman, termasuk menjadi media perantara berpindahnya Virus Corona. Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir mobil merupakan hal yang penting untuk menghindari potensi tertular penyakit. Jangan lupa untuk menggunakan masker dan menjaga sirkulasi AC dengan baik.

Covid Cleaning Virus Corona

Foto: carthrottle.com

Selain itu, sebaiknya pengemudi dan penumpang membawa hand sanitizer. Lakukan sebelum masuk dan setelah keluar mobil. Supaya memudahkan dan tetap bisa dibawa keluar mobil, sediakan kemasan 60 – 100 ml. Intinya bila sebelum atau sesudah menyentuh komponen interior segera mencuci tangan.

covid 19 theme 3 Virus Corona

Foto: today.com

Selalu bersihkan kabin mobil. Virus Corona bisa ditularkan melalui percikan air liur yang tersebar ke udara melalui batuk atau bersin oleh carrier atau pembawa virus ini. Poinnya, kabin mobil wajib bersih. Semprotkan anti bakteri ke sejumlah komponen di kabin mobil yang sering kamu sentuh, seperti handle pintu, steer, shiftknob, panel power window. Pilihlah jenis cairan pembersih berjenis cair atau foam atau bisa juga antiseptik, oleskan ke permukaan jok, plafon, door trim, bagian kaca mobil, dasbor dan komponen lainnya.

Foto: shutterstock

Foto: shutterstock

Selain itu, bersihkan bagian yang sering tersentuh tangan seperti setir, pintu, tuas transmisi, konsol tengah, juga tombol AC dan audio di tengah dahsboard. Beberapa anti bakteri dilengkapi pewangi yang membuat suasana kabin jadi terasa lebih segar dan nyaman. Hindari kegiatan di luar rumah seperti mengendarai mobil atau melakukan road trip. Kita tidak tahu virus tersebut menempel di barang bawaan atau komponen interior mobil. Ikuti saran dari pemerintah mengenai kebijakan social distance dan Work From Home (WFH). Untuk mengurangi dampak wabah semakin meluas.

covid Iwmbuzz ronaldo

Foto: oto.com

Selalu menjaga kondisi tubuh. Caranya istirahat cukup, asupan makanan bergizi dan diolah dengan baik, minum multivitamin khususnya vitamin C yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh, dan segera periksa ke dokter jika merasa kurang sehat.

Kalau kalian merasakan gejala batuk-batuk, demam, lebih lanjut bisa cari tahu ciri-ciri gejala Covid-19 di laman laman website covid.19.go.id atau menghubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119