Pemerintah Indonesia telah menyarankan agar masyarakat mengurangi aktifitas di luar ruangan  untuk  mengurangi penyebaran virus Covid-19. Aktifitas bepergian pun sebaiknya dihindari jika tidak terlalu penting. Namun, hingga saat ini jamak ditemukan sebagian warga terpaksa harus melakukan mobilitas harian menggunakan mobil.

Selain membersihkan komponen interior dengan cairan khusus, salah satu langkah prefentif mencegah penyebaran virus dan bakteri di dalam mobil diantaranya menerapkan melakukan treatment fogging interior. Karena, bagian dalam kabin ini kerap menjadi tempat bersarang virus dan bakteri, terutama sejumlah komponen yang langsung bersentuhan dengan tangan. Seperti handle pintu, setir, shift knob, kaca, hingga jok mobil.

Treatment fogging atau pengasapan ini dapat meningkatkan higienitas di dalam kabin mobil. Tingginya kadar polusi dan radikal bebas tentu berdampak pada kesehatan pengendara, juga kondisi interior mobil yang cenderung lembab semakin mempercepat pertumbuhan bakteri dengan cepat.

Foto: Vertue Concept

Salah satu alat fogging interior kini hadir untuk menjawab kekhawatiran masyarakat terhadap paparan langsung virus dan bakteri mobil. Vertue Concept menghadirkan produk alat  penyuplai asap fogging, Vertue Clean. Dalam menjaga kebersihan interior mobil dari berkembangnya bakteri dan jamur.

CEO Vertue Concept Edy menuturkan, fogging mobil dapat meminimalisir perkembangan virus dan bakteri di sektor kabin. “Sistem perawatan anti bakteri Vertue Clean ini dapat mengurangi aktivitas bakteri dan jamur, menghilangkan penumpukan koloni bakteri, mengurangi bau tidak sedap di dalam mobil, juga dapat mengurangi penyebaran virus Influenza (HFMD, H1N1, SARS),” klaim Edy.

Cara kerja alat fogging tersebut yaitu menyuplai asap ke seluruh bagian interior, secara perlahan asap fogging keluar melalui kisi-kisi AC dan menyebar ke seluruh sudut interior. Terlebih komponen AC merupakan sektor terpenting mengembuskan udara sehat dan bersih. Mesin Fogging dengan label BT-828 Ultrafine Mist bekerja selama 15 menit menyebarkan asap ke seluruh bagian kabin hingga sudut yang sulit dijangkau.

Foto: Vertue ConceptAsap fogging  tersebut berasal dari cairan Ultra Mist Liquid dari Bactakleen yang berjenis cairan  waterbase, yang menarik cairan tersebut telah  lulus uji FDA Approved yang memuat kandungan anti bakteri dan anti virus. “Jadi kandungan asap fogging berbahan waterbase ini sudah teruji secara ilmiah. Efektif membunuh virus dan kuman di interior, juga aman untuk anak-anak,” lanjut Edy.

FDA Approved (Food and Drug Administration) merupakan Badan Pengawas Obat dan Makanan yang bertugas mengatur makanan, suplemen makanan, obat-obatan produk biofarmasi, hingga kosmetik di Amerika Serikat. “Karena sebelumnya kekhawatiran terhadap komposisi cairan yang diproses menjadi asap fogging. Lewat uji FDA Approved ini, sudah dibuktikan kalau pemilik mobil bisa merawat interior kabin lebih efektif,” jelas Edy.

Cairan fogging ini juga telah di tes dan lulus uji melalui Chemistry Laboratorium (CHEMLAB), Institut Penelitian Industri dan Standar Malaysia (SIRIM), Asosiasi Inspeksi Teknis asal Jerman (TUV), serta perusahaan multinasional asal Swiss yang menyediakan layanan pengujian dan sertifikasi (SGS).

Masih banyaknya masyarakat yang mengendarai mobil di tahap isolasi mandiri saat ini, Edy menyarankan agar pemilik mobil rutin melakukan fogging interior mobil minimal satu atau dua minggu sekali. “Karena untuk saat ini kebersihan mobil harus lebih ditingkatkan untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Sekaligus supaya masyarakat lebih sadar terhadap perawatan interior mobilnya. Otomatis kabin dan AC akan lebih segar, steril, dan higienis,” tutupnya.

Untuk informasi lebih lanjut sila cek postingan atau DM @vertue_concept.