Perangkat audio mobil merupakan salah satu target modifikasi di sektor kabin. Memilih sistem audio mobil juga kian diminati para car enthusiast agar dapat mendengarkan audio dengan nyaman. Seiring berkembangnya teknologi sistem audio kompartibel bawaan, ada beberapa cara untuk mengoptimalkan kualitas suara audio. Tim NMAA membagikan rekomendasi sejumlah perangkat entertainment untuk menambah suasana “cozy” dalam kabin kendaraan.

Foto: Ist @music.art.id

Foto: Ist @music.art.id

Sektor di dalam interior ini terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. Saat ini, tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh konsumen. Karena produk Original Equipment Market (OEM) sudah memiliki kualitas suara mumpuni disertai perangkat digital. Semisal pada head audio, sudah tersedia konektivitas nirkabel yang dapat terhubung langsung dengan smartphone.

“Sekarang dominan upgrade audio itu bisa segala jenis musik itu masuk. Jadi lebih mengutamakan kualitas suara. Karena jenis audio ini cocok untuk segala jenis musik,”ujar Pujiyanto Suryana, punggawa MusicArt, saat duhubungi tim NMAA Media belum lama ini.

Puji menyebut, optimalisasi sistem audio kini menyasar pada optimalisasi gadget synchronize, sebab semakin canggihnya perangkat yang digunakan, juga diiringi sistem audio advanced pada mobil keluaran terbaru.

“Maksudnya pengguna nantinya cukup tambahkan Digital Sound Proscessor yang built in dengan modul Bluetooth saja, sudah bisa meningkatkan kualitas suara audio secara signifikan. Juga bersifat plug and  play,” terangnya .

Agar lebih maksimal , Puji menyarankan untuk menambahkan sejumlah komponen pendukung sistem audio mobil. Diantaranya speaker depan, belakang, subwoofer, serta power amplifier.

Foto: Ist @music.art.id

Foto: Ist @music.art.id

Sejumlah perangkat tersebut dinilai dapat meningkatkan kualitas audio secara signifikan. Seperti penambahan subwoofer untuk men-support suara di bawah low frequency, dimana tidak bisa dihasilkan oleh speaker OEM mobil yang cenderung memiliki mid dan high frequency. Kendati,  kenyamanan dan kualitas audio bersifat subjektif.

Pemilik mobil juga dapat menambahkan prosesor audio untuk mengatur frekuensi dari setiap speaker mobil agar arah dan jarak pantulan bisa dibuat untuk mengoptimalkan speaker OEM.

Untuk menghasilkan kualitas audio terbaik, disesuaikan juga dengan selera konsumen. Pasalnya optimalisasi audio ini biasanya memakan biaya yang relatif tinggi. Bekisar antara Rp.10 juta hingga mencapai Rp.30 juta, angka tersebut tergantung pada jenis mobil dan sistem yang digunakan.

Foto: Ist @music.art.id

Foto: Ist @music.art.id

Akan tetapi, membangun sistem audio di mobil bukanlah sebuah pemborosan, statement tersebut diyakini oleh sejumlah car enthusiast saat mempertimbangkan perangkat audio jenis terbaru.  Karena sistem audio yang dibangun dengan ketelitian dan pemilihan perangkat yang tepat diperlukan sebagai wujud investasi. Bukan tidak mungkin, penambahan instalasi media suara tersebut juga dapat  meningkatkan nilai jual mobil, atau menaikkan kemungkinan besar menyabet juara di gelaran modifikasi atau kontes audio mobil.

Bagi sebagian car enthusiast, instalasi audio berkualitas bakal menaikkan tingkat kepuasan dengar, sekaligus kenyamanan berkendara. Tentu saja untuk mencapai hal tersebut, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih instalator yang tepat.

Lalu, dengarkan suaranya dengan seksama. Simpelnya, kalau kualitas suaranya terdengar jernih, megah, dan jauh berbeda dengan suara sistem audio bawaan mobil, maka dipastikan instalatur tersebut layak ditunjuk untuk bangun sistem audio mobil berkualitas.

car audio 4

Foto: Ilustrasi

Yang tak kalah penting, seorang instaler berpengalaman pasti akan terus meningkatkan kemampuannya. Terutama untuk mobil-mobil baru, dan tentunya bisa menterjemahkan sistem audio sesuai keinginan kamu, sekaligus memberi solusi pemasangan audio.

Dari hal-hal yang disebutkan di atas, setidaknya pemilik mobil sudah punya proyeksi untuk bangun sistem audio mobil berkulitas. Langkah selanjutnya adalah siapkan budget yang sesuai dengan kebutuhan. Produk audio aftermarket saat ini semakin kompetitif dan inovatif, seiring dengan perkembangan pecinta modifikasi.