“Imagine all the people living life in peace”

Kita semua tampak familiar dengan kutipan di atas. Tidak lain adalah potongan lirik dari nomor lagu John Lennon  “imagine”. Tapi ada yang lebih menarik lagi, workshop bodykit asal Jepang, Liberty Walk (LB Works)  menyematkan kutipan tersebut jadi stiker di karya wide body mereka. Mulanya konsep ini muncul untuk memotivasi setiap orang saat melirik karya mereka. Terlebih pasca gempa bumi yang melanda se-antero Negeri Sakura 2013 silam. Tepat di tahun yang sama ketika LB Works “menggempar” pasar modifikasi global.

Adalah Wataru Kato (Kato-san) seorang pendiri merk Body Kit Liberty Walk. Sebelum populer, nama tersebut bermula dari bengkel kecil milik Kato-san pada 1993. Seiring berjalannya waktu, awal  2008 silam workshop yang berlokasi di Nagoya ini mendapat order dari kawan sejawat Kato-san untuk merubah tampilan eksterior pada Lamborghini Diablo.

Liberty Walk 2008 murcielago

Dari berbagai pertimbangan, akhirnya Kato-san mengembangkan ide untuk mengaplikasikan bodi milik Lamborghini Murcielago. Tapi, proyek modifikasi pertama itu tidak membawa hasil yang diinginkan. Lantaran, tampilan mobil dinilai kurang menarik. Saat itu, konsep Body Kit Custom belum banyak digemari oleh car enthusiast. Di sisi lain ide kreatif itu melahirkan konsep awal LB Works.

Mendapat respon yang kurang memuaskan tak membuat Kato-san gentar. Sebaliknya, ia merasa tertantang  untuk membuat lini produksi Body Kit sekaligus membuat bangga konsumen terhadap tampilan eksterior mobil. Akhirnya Kato-san memilih model modifikasi khas kultur JDM klasik seperti  Kaido Racers atau Bosozoku yang berkembang selama 1980 sampai 1990. Seperti menampilkan nuansa reckless dengan merubah bentuk bumper bawaan, over fender dan offset velg lebar. Visi Kato-san menerapkan gaya modifikasi serupa khusus mobil high-end.

Hingga setahun kemudian, tepatnya pada 2009 Kato-san memasang bertekad untuk menggebrak pasar dengan meluncurkan  line up Body Kit LB pada unit Lamborghini Murcielago di kontes modifikasi SEMA Show. Meski belum mendapat respon yang baik karena masih dianggap belum booming pada saat itu.

LB Performance Murcielago Speed Hunters

Berlanjut ke 2012, Kato-san semakin mengeksplorasi konsep untuk mendesain ulang Murcielago menggunakan merek “LB Works”. Kali ini karakter model overfender yang dikemudian hari menjadi ciri khas mereka di gelaran yang sama, SEMA Show di Las Vegas Amerika Serikat (AS). Mobil berkelir silver metalik ini menampilkan over fender kit untuk mengakomodasi pelek iForged Equip V3 berukuran 19 x 8,5 di bagian depan dan 20 x 13 di bagian belakang.

Aksinya ini yaitu memotong beberapa body bawaan supercar asal Itali tersebut dengan tetap mempertahankan ke presisian Body Kit Bolt on. Sontak, LB Works membuat para pengunjung yang diantaranya merupakan modifikator, penggemar modifikasi, sampai wartawan otomotif berdecak kagum.  Menerapkan opsi radius fender agar memiliki diameter lengkungan yang lebih besar di unit supercar merupakan aksi fenomenal di dunia modifikasi.

LB Nissan GTR

Di tahun berikutnya, Kato-san semakin berani untuk menampilkan karya modifikasi otentik. Nissan GT-R R35 menjadi line up LB Works dengan desain yang lebih gahar. Pada bagian eksterior terpasang wide body “LB Works” berbahan FRP yang terdiri dari front bumper, overfenders, diffuser, dan wing. Bagian kaki-kaki bercokol velg Forgiato Maglia berukuran  20×11  di bagian depan dan 20X12 di bagian belakang. Kedua velg tersebut dibalut Toyo Proxes tires berukuran 285/35 di bagian depan, sedangkan bagian belakang berukuran 315/30. Komponen peredam kejut menggunakan perangkat CSD height adjustable Platinum VIP air cup suspension system.

Bukan hanya itu, mobil high-end lain yang turut mengisi panggung LB Works yaitu Ferrari 458 berkelir silver metalik. Sportcar asal Itali ini menggunakan wide body kit di bagian front bumper, front lip spoiler, over fenders, dan rear diffuser. Sedangkan bagian buritan terdapat ducktail dan wing spoiler.

LB Works Ferrari 458

Beberapa momen tersebut membuat merek LB Performance kian berkibar. Hal ini juga menjadi sebuah wujud dedikasi dan kerja keras yang membuahkan hasil di masa depan. Bahkan, hingga kini lini produk mereka sudah berekspansi ke beberapa negara meliputi Eropa, Amerika, dan Asia. Desain Bodykit LB Performance diantaranya Ferrari 488 GTB, Suzuki Jimny, Honda NSX, Lamborghini Aventador, Huracan, Nissan GT-R, BMW i8. Hingga unit MPV Toyota Alphard.

Nampaknya, Kato-san ingin karyanya dapat menjangkau lebih banyak orang dan membawa pesan damai. Terlebih, di Jepang sangat menjunjung tinggi freedom of expression juga lewat seni, amat  mempengaruhi proses kreatif membuat desain lebih visioner. Sama halnya dengan penambahan visi dan semangat hidup pencipta lagu Imagine, John Lennon.