PT. Honda Prospect Motor (PT.HPM) kembali menggelar kontes Honda Brio Virtual Modification #3 bertajuk “Racing Garage”. Gelaran ini diadakan  seiring dengan anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran pandemi corona (Covid-19) mengenai isolasi mandiri. Selain itu, melalui campaign #parkirdirumah yang digagas sejak lama oleh PT HPM.

Menyiasati imbauan Social Distancing konferensi media kali ini diadakan melaui aplikasi google meet, modifikasi vitrual kali ini  terdapat 5 konsep desain yang dapat dipilih oleh para peserta yaitu Rally Look, Touring Style, Sports Daily, Drag Race, dan Drifting Touch. Kompetisi ini dibuka untuk masyarakat umum dan dapat mengirimkan desain modifikasinya dalam format digital hingga paling lambat tanggal 31 Juli 2020.

Public Relations and Digital Manager PT. HPM Yulian karfili menuturkan, kontes modifikasi digital  yang bekerjasama dengan National Modificator and Aftermarket Association (NMAA).

“Modifikasi virtual kini semakin populer. Hal ini dilihat dari animo yang meningkat berdasarkan tahun ke tahun. Tak terkecuali di kondisi pandemi sekarang ini, sejumlah rutinitas dialihkan ke media virtual,”kata Yulian dalam launching virtual, Selasa (12/5).

Brio V-Mod 2in

Unit kendaraan terbaru All New Honda Brio diciptakan dengan membawa DNA racing. Tak heran jika digemari para generasi millenial untuk diupgrade jadi lebih agresif dengan menerapkan sejumlah objek modifikasi. Hal tersebut menarik animo para  desainer digital untuk mengkreasikan dengan modifikasi Racing yang di konsepkan. Seluruh karya para peserta akan dipilih oleh tiga orang tim juri yang berpengalaman dalam modifikasi dan karya digital. Dari seluruh karya yang masuk, akan dipilih 20 karya yang berkesempatan menjadi juara 1, 2 dan 3, serta kategori best decal dan best social media choice.

Lead Brio V-Mod

“Karena kontes ini berkerjasama dengan Tim NMAA akan mengkurasi lebih banyak karya modifikasi digital untuk menunjang para desainer menggagas konsep modifikasi sesuai dengan tema tersebut. Nantinya sistem penilaian berlangsung oleh sejumlah juri dari NMAA yang kompeten di bidangnya. Entri terpilih memenuhi standar kriteria tertentu,”papar Yulian.

Ia menyebut, terjadi tren peningkatan peserta pada dua kontes sebelumnya. Sehingga mendorong PT. HPM kembali menggelar kontes serupa. “Beberapa tahun belakangan tren berkembang di luaran sana virtual modification terus mengalami peningkatan. Semisal pada tahun pertama hanya 500 entri, tahun kedua jumlahnya meningkat menjadi 600 entri,”ucap Yulian.

Picture2

Untuk kali ketiga kontes  Honda Brio Virtual Modification ini ditargertakan sebanyak 700 entri, apalagi karena platform digital membebaskan para peserta lebih berkreasi dengan bebas tanpa mengaplikasikan konsep modifikas secara fisik. Memasuki  kondisi isolasi mandiri saat ini pun diprediksikan semakin banyak peserta yang mengikuti kontes dengan kemudahan digitalisasi tersebut.

Hal senada dijelaskan oleh Creative Director NMAA, Tomi Gunawan, kontes kali ketiga ini akan melewati proses penilaian lebih selektif. Peserta terpilih harus memenuhi standar kriteria modifikasi dapat diaplikasikan agar dapat digunakan untuk mobilitas harian. “ Unit Honda Brio ini punya karakter yang sporty,maka lebih cocok untuk dimodifikasi bergaya racing look atau drag race. Terutama konsep modifikasi harus relevan agar menghasilkan karya modifikasi yang tetap nyaman digunakan untuk pemakaian harian,” Jelas founder workshop modifikasi Tomi Airbrush tersebut.

Tomi menambahkan, melaui modifikasi digital ini jadi salah satu medium berkreasi selama pemberlakuan karantina mandiri. Beragam software komputer untuk mengerjakan konsep desain dapat digunakan secara bebas. PT HPM dan NMAA akan menilai poin modifikasi seperti tema, komposisi, dan keunikan masing-masing karya peserta.

Sedangkan untuk menjungjung tinggi orisinalitas karya, para peserta diminta mengirimkan meta data dari konsep modifikasinya. “Diproyesikan modifikasi di unit city car ini melipiuti detailing Body Kit, Velg, Ban, dan  Disc Brake. Tapi poin terpenting adalah dapat diaplikasikan ke unit aslinya,” tutupnya.

Adapun para pemenang bakal mendapatkan total hadiah sebesar Rp. 60 juta. Diantaranya, juara pertama akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 15.000.000, juara kedua sebesar Rp. 10.000.000, dan juara ketiga sebesar Rp. 7.000.000. Sedangkan untuk pemenang pada kategori Best Decal akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 5.000.000, pemenang pada kategori Favorite Winner by Social Media sebesar Rp. 3.000.000 dan 20 kontestan terbaik akan mendapatkan masing-masing Rp. 1.000.000.

Setiap peserta yang akan mengikuti kontes modifikasi virtual ini dapat melihat syarat dan ketentuan secara lengkap di website resmi www.honda-indonesia.com