Salah satu variabel yang berperan dalam pengaturan sudut keselarasan roda (wheel aligment) adalah sudut camber. Mengatur sudut camber bisa dilakukan pada komponen kaki-kaki, dengan angka pengaturan bervariasi tergantung jenis mobilnya. Namun, dalam modifikasi, pengaturan sudut roda biasanya mengarah ke camber negatif atau bagian atas roda lebih masuk. Biasanya mobil bergaya stance memerlukan sudut roda negatif agar roda tidak menggerus fender.

camber kit 1

Namun, untuk mobil yang mengadopsi jenis suspensi bawaan dengan konstruksi multilink lebih susah diatur sudut camber-nya dibanding mobil dengan jenis suspensi MacPherson strut. Hal tersebut karena mempunyai banyak linkage dan keterbatasan pengaturan sudut camber. Suspensi multilink biasanya ketika diceperkan, derajat camber akan otomatis berubah menjadi negatif. Biasanya gaya modifikasi ini mengacu pada modifikasi beraliran stance, VIP, atau elegan. Roda lebih terlihat miring dari bagian tengah atas ke dalam secara vertikal, sedangkan bagian bawah menonjol ke luar fender.

IMG_6524

Untuk menyiasatinya, biasanya menggunakan camber kit aftermarket agar mendapatkan sudut derajat ideal seperti yang diinginkan. Camber kit terdiri dari berbagai komponen yang berbeda, tergantung jenis kaki-kaki mobil. Ada yang terdiri dari baut camber, lengan ayun, adjustable ball joint. Ada juga yang hanya terdiri baut camber saja.

Kelebihan camber kit aftermarket, punya fitur adjustable agar bisa diatur sesuai kemauan kita. Selain itu bisa membuat range derajat kemiringan camber lebih banyak. Misalkan sudut camber standar hanya bisa diatur hingga -2 derajat, dengan camber kit maka bisa disetel hingga-4 atau -6 derajat bahkan lebih. Penggunaan camber kit dengan pengaturan ekstrem bisa dimanfaatkan pada mobil balap karena bakal membuat pengaturan wheel alignment menjadi lebih mudah, seperti misalnya untuk drifting.

IMG_6228

Perangkat ini juga kadang digunakan dalam modifikasi non performance, contohnya pada mobil modifikasi beraliran VIP. Tingkat sudut camber negatif yang ekstrem (demon camber) selalu menjadi bagian dari modifikasi ini. Alhasil camber kit sering dipakai untuk membuat sudut camber roda semakin negatif. Yang perlu diingat, camber kit aftermarket tidak tersedia untuk semua mobil. Hanya tersedia untuk mobil-mobil yang favorit untuk dimodifikasi. Dan jangan lupa, setelah mengaplikasi camber kit, roda wajib spooring agar kembali selaras dan nyaman digunakan.