Teknik pemasangan ban ke velg di mobil banyak variasinya, dari sekian banyak diskusi dalam forum modifikator lokal masih jadi pembahasan yang menarik untuk diikuti, disebut stretch dan meaty fitment. Model fitment ban ke velg tersebut diaplikasikan komponen kaki-kaki. Di ranah lokal, tren fitment keduanya masih banyak digemari untuk mengejar aliran modifikasi tertentu.

Kepopuleran kedua model fitment ban tersebut memuat perbedaan signifikan. Memasangkan ban kecil ke pelek lebar. Itu semangat dari ban yang dipasang dengan teknik stretch. Di kalangan modifikator, stretch diartikan sebagai narik ban. Teknik ini sudah ada sejak awal tahun 2000 silam, ketika aliran elegan mulai berkembang. Kemudian makin populer ketika tren Hellaflush mulai berkembang. Butuh tekanan angin tinggi agar ban bisa narik. Model fitment stretch bisa juga dipasang pada modifikasi camber negatif.

Foto: weebly

Dengan tersebut, bisa mempengaruhi kenyamanan mengemudi karena kondisi ban mengeras. Karena teknik tarik ban yang dimunculkan harus memaksimalkan tekanan angin agar ban terpasang sempurna di velg lebar. Disarankan memasang ban mesti dilakukan dengan perhitungan yang pas, terlebih komponen ban amat berpengaruh terhadap faktor keamanan berkendara. Misalnya menggunakan ring 16/17 inci dengan lebar 8 inci untuk bagian depan dan 9 untuk bagian belakang.  bisa pakai ukuran ban 195. Sedangkan diameter 18 inci, dijahit apik dengan ban berukuran 205. Kualitas ban jadi poin penting juga saat menerapkan konsep Stretched out. Untuk mobil berjenis city car biasa menggunakan ring berukuran 17/18  205/30.

Foto: Pro Car Review

Sebaliknya, Meaty fitment mengaplikasikan dimensi ban dan velg senada. Untuk menampilkan kaki-kaki sama besar dan padat. Teknik meaty diadopsi dari perpaduan gaya modifikasi racing. Untuk menghasilkan grip dan traksi optimal, pengaplikasian teknik ini dinilai lebih baik untuk bermanuver di jalan raya.

Meaty lebih difokuskan pada penerapan velg yang menggunakan ban tebal dari kategori slick, road race atau race track tyre ke velg racing mobil yang digunakan. Aplikasi ini kemudian ditambahkan perpaduan permainan suspensi di keempat kaki-kakinya dan diupayakan tidak standar biasanya menggunakan coilover atau per custom biasa yang sudah dimodifikasi lebih pendek dari normalnya. Misalnya menggunakan velg berukuran 17 inci dengan lebar 8 menggunakan ban berukuran 255/60. Bisa juga menggunakan ring 17 yang dijahit dengan ban berukuran 225/50.

Selain itu konsep meaty fitment dapat dipadukan dengan penggunaan Air Suspension (Airsus) dan coilover jika lebih menyukai gaya statis. Lebih jauh, karena perpaduan komposisi tersebut banyak digunakan untuk penggunaan modifikasi racing atau menggunakan Body Kit gambot.