Konfigurasi dan Fungsi Merupakan Aspek Vital Modifikasi Exhaust System

Modifikasi  exhaust system (knalpot) berkontribusi terhadap saluran sisa pembakaran lebih efisien. juga dikenal dapat meningkatkan torsi yang berpengaruh terhadap performa mobil saat berkendara. Tapi sebelum memodifikasi knalpot, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak berdampak terhadap kerusakan komponen lain. Seiring berkembangnya barang aftermarket lokal yang sedang bergeliat saat ini menjadi opsi pilihan konsumen. Namun untuk memodifikasi knalpot tidak boleh sembarangan, harus ada perhitungan yang matang. Malah mengurangi akselerasi mesin.

Foto: yourmechanic

Sejatinya, modifikasi exhaust system fungsinya untuk meredam resonansi suara dan meningkatkan performa. Perlu diketahui, material knalpot punya karakteristik berbeda, terutama dari segi ketahanan. Pemilihan bahan atau material pun harus dipertimbangkan. Knalpot yang bagus terbuat dari stainless steel karena lebih awet dan tidak mudah berkarat.

Produsen aftermarket saat ini sudah termasuk satu set header, resonator, dan muffler. Sehingga, tidak usah asal potong pipa knalpot standar dilakukan. Dengan sistem plug and play, knalpot aftermarket bisa dipasang tanpa memotong pipa standar, jika nantinya ingin kembali diganti dengan knalpot bawaan.

Caranya, bagian silincer dibuat dua lubang. Langkah tersebut memudahkan untuk membuka baut standar, sedangkan di tengah membuat optional baut silencer.  Jadi tidak usah repot untuk mengubah knalpot dari bawaan ke produk aftermarket atau sebaliknya.

Selain itu bisa juga mengkonfigurasikan sistem downpipe yang tergolong murah, nantinya catalytic converter dipasang di dalamnya sehingga lebih mudah jika ingin dilakukan penggantian. Sedangkan header catalytic converter terpisah di bagian mid-pipe, penggantian header juga disesuaikan dengan mid-pipe nya.

Foto: stumpblog

Terkadang yang dikhawatirkan banyak pengguna dari modifikasi exhaust system adalah output suara yang signifikan menjadi lebih besar. Nah untuk mengatasi hal ini, produsen knalpot lokal juga memproduksi muffler dengan DB killer. Hal tersebut kembali ke kebutuhan modifikasi exhaust system tersebut.

Secara teknis menggunakan knalpot aftermarket dengan penghitungan tepat mampu meningkatkan kompresi udara di ruang bakar, karena aliran gas buang lebih besar. Kondisi tersebut membuat komponen blok mesin cepat panas karena peningkatan kompresi yang terjadi di ruang bakar, komponen mesin lainnya akan bekerja lebih maksimal dari kondisi normal. Karenanya, disarankan mengganti oli secara berkala untuk meminimalisir dampak kerusakan signifikan di komponen mesin.

Sedangkan langkah lainnya dengan membuat custom header. Perlu diketahui, baik dari segi desain, ukuran, dan spek yang disesuaikan dengan mesin. Misalnya perbandingan kompresi, kapasitas, jumlah silinder, dan paling penting spesifikasi noken as.

Foto: supersprint

Komponen Header adalah saluran buang gas hasil sisa pembakaran dari blok mesin. Pada mobil bermesin empat silinder header berjumlah empat dan mesin enam silinder enam buah. Konfigurasi header umumnya 4-2-1 atau 4- 1. Artinya gas buang dari blok mesin disalurkan ke empat saluran, kemudian dua saluran, dan bermuara ke satu saluran.

Sedangkan 4 – 1, berarti gas sisa pembakaran disalurkan ke empat saluran dan langsung bermuara ke satu saluran.Konfigurasi dan desain lubang dan lekukan pipa benar-benar tepat. Teknisnya, semakin lancar gas hasil pembakaran terbuang maka tenaga akan semakin besar.

Meningkatkan exhaust system harus diawali dengan mengenal diameter knalpot sesuai spesifikasi mesin mobil. Anggapan yang sering muncul, semakin besar saluran maka akan berimplikasi terhadap peningkatan performa tidaklah benar. Dari ukuran diameter 2 inci,2,5, hingga 4 inci diperuntukan sesuai kapasitas mesin. Untuk mobil dengan kapasitas 1.500-2.000cc pakai 2,5 inci dan seterusnya. Jangan sampai dimensi exhaust melebihi atau kurang dari kapasitas mesin.

Foto: Quicksilver Exhaust

Selain itu perhatikan struktur saluran gas buang yang lancar agar kecepatan pelepasan gas sisa dari mesin. Penggantian header juga bisa dilakukan untuk menciptakan power band yang sesuai dengan kondisi mesin. Bagi yang suka suara menggelegar, perlu memerhatikan perbandingan ukuran antara kapasitas resonator dengan diameter header. Sebaiknya perhitungkan diameter yang ideal agar suara yang keluar juga berbanding dengan tenaga yang didapat. Tidak membuat tenaga ngempos atau tertahan.

Adapun saat ini sedang tren penggunaan valvetronic exhaust yang dapat menghasilkan tenaga optimal dan produksi suara lebih gahar. Sistem ini juga dapat mengatur besar-kecil suara yang dihasilkan. Menariknya, sistem valvetronic yang beredar di pasaran menggunakan sistem vacuum yang dapat menyesuaikan buka tutup katup. Sistem tersebut menggunakan sebuah piranti dinamo.  Bahkan dapat menambah semburan tenaga hingga 30 dk.