Periode Submission Karya Kompetisi Honda Brio V-Mod 3 “Racing Garage” Berakhir Pada Penghujung Bulan Ini

Animo para Desainer Virtual (Digimod) kreasikan unit kendaraan All New Honda Brio tergolong tinggi. Hingga minggu ke delapan, ratusan submission karya para desainer digital memadati folder inbox panitia. Hal tersebut menandakan persaingan ketat para Digimod menarik perhatian juri hingga dapat meraih gelar juara di kompetisi kali ketiga ini.

Kegiatan modifikasi virtual merupakan jenis dari manipulasi foto tidaklah mudah. Perlu referensi luas dan kreativitas.  Selain itu, para Digimod harus mentaati aturan yang berlaku selama kompetisi. Misalnya orisinalitas karya, tidak merubah komponen rangka, dan mengacu pada desain akhir gaya modifikasi proper car.

Usung tema “Racing Garage” justru mendorong tingkat kreativitas para desainer muda. Karena lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengaplikasikan ide modifikasi selama #dirumahaja. Di tengah kondisi adaptasi kebiasaan baru Pandemi Covid-19 saat ini.

Foto: @hondaisme

Poin terpenting dalam Brio V-Mod dengan tema “Racing Garage” cukup simpel.  Dari tema yang dimuat, aliran modifikasi Racing tergolong variatif. Konsep ini dianggap cocok dengan karakter All New Honda Brio yang memuat DNA racing. Mobil berjenis hatchback ini terbilang modifiable.

Sejak Brio V-Mod dimulai pertama kali pada 2018 banyak dapat membawa “angin segar” pada rujukan desain modifikasi yang sedang hype. Sejumlah konsep desain yang direkomendasikan oleh dewan juri diantaranya Rally Look, Touring Style, Sports Daily, Drag Race, dan Drifting Touch.

Foto: @hondaisme

Uniknya, bayak diantara para desainer, berani mengeksplorasi desain hingga ke bagian ruang kabin. Meski terlihat simpel, tapi bagian interior bukan perkara mudah. Hal ini amat rumit, dari segi detail dan proses pengerjaan. Mengganti jok dengan bucket seat, menampilkan wujud setir kemudi, dasbor sampai roll cage. Bahkan, ada juga desainer yang lihai menyematkan ambient light di ruang interior.

Foto: @hondaisme

Sedangkan di bagian eksterior, sejumlah komponen bodi banyak dimodifikasi seperti custom decal sticker, penambahan perangkat Body Kit (Bumper depan, belakang, splitter, lips spoiler, over fender, dan wing spoiler). Rubahan DRL pada lampu depan, dan Velg. Bedanya, menjelang akhir kontes, para desainer digital seakan melesatkan masterpiece karyanya. Apalagi kontes ini tidak mengenal batasan karya yang dikirim oleh seorang Digimod.

Deretan karya modifikasi virtual Honda Brio V-Mod 3 || Foto: @hondaisme

Perlu diketahui, kontes ini dibuka untuk umum, mulai dari desainer dan penggiat modifikasi virtual dari semua kalangan usia. Diprediksikan persaingan antar para Digital Modificator (Digimod) semakin kompetitif, tidak berlaku  batasan para desainer amatir atau profesional. Adapun para pemenang nantinya bakal mendapatkan total hadiah sebesar Rp. 60 juta.

Ayo! bagi kalian yang punya desain modifikasi terbaik sila ikuti syarat dan ketentuan secara lengkap di website resmi www.honda-indonesia.com.