Terinspirasi Dari Mobil Reli Porsche 911 Dekade 1980-an

Beberapa bulan terakhir muncul tren baru di kancah modifikasi yang sulit untuk dilewatkan. Sejumlah tuner populer telah menghadirkan unit kendaraan modifikasi berbasis adventure, terutama pada kendaraan berjenis sedan.

Rumah modifikasi, Delta 4×4 berhasil mengubah tampilan mobil ini dari bawaan sporty jadi mobil off-road. Bermodal basis Porsche 911 Carrera 4s  yang dinamai “Bavaria’s one-stop off-road specialist”, menjadi reinkarnasi dengan bekal konsep serupa di unit pendahulunya Ruf Rodeo dan KMR’s Safari 911 yang untuk menjajal trek reli 1980-an.

Kedua line up terbaik pabrikan asal Jerman tersebut memiliki aspek visibilitas berkendara yang kompatibel, ground clearance tinggi, performa mesin, dan penggerak empat roda. Desain bawaan Porsche 911 yang hadir dinilai proper untuk pengaplikasian konsep mobil reli. Tak heran, jika Delta 4×4 terinspitasi membawa mesin waktu ke masa kini.

Foto: drivers magazine

Dari segi tampilan, Porsche 911 berkelir putih ini terlihat agresif. Berbalut livery berwarna hitam, abu, dan kuning di bagian tengah. Di bagian kap mesin tampak merepresentasikan mobil petualang dengan 4 lampu sorot optional PIAA. Terlebih tuner kenamaan tersebut memasang roof rack dan lampu LED optional di bagian atas. Untuk meningkatkan visibilitas berkendara di malam hari, terlebih menambah kesan agresif.

Foto: Motor1.com

Ubahan di sektor kaki-kaki guna meningkatkan ground clearance hingga 9,8 inci. Ubahan tersebut dilakukan untuk bermanuver di jalan bebatuan seperti trek rally gravel . Tak dipungkiri, peningkatan tersebut juga mengubah tampilan velg dan ban yang cukup besar. Komponen roda ini mengubah tampilan Porsche 911 jadi gambot ditambah dengan fender hitam berbahan plastik.

Foto: motor1.com

Meski berupa konsep modifikasi, akan tetapi pihak Delta 4×4 menyebut, mereka telah terinspirasi dari generasi model 992 yang memuat spesifikasi Carrera 4S. Karena dinilai kompatibel dimodifikasi bergaya off-road. Hal tersebut membuktikan kalau mobil jip tidak selamanya mendominasi.

Sejauh ini, hanya ada sedikit rendering yang dilakukan,  dari informasi yang tersebar di sejumlah media, proyek tersebut masih dalam tahap pengembangan awal. Delta 4×4 menyiapkan unit 911 modifikasi ini untuk tahun depan. Terlebih objek modifikasi juga disertai dengan peningkatan powertrain untuk membawa daya di atas level saat ini 444 daya kuda (dk).

Foto: the drive

Diketahui, Delta 4×4 sebelumnya pernah menggarap unit kendaraan Tesla Model 3 bergaya rally. Tanpa menyematkan ubahan mencolok, mobil berukuran kompak tersebut dapat digunakan untuk menjajal segala medan. Sama seperti Porsche 911, Model 3 mengalami ubahan yang tidak jauh berbeda. Meningkatkan ground clearance, ubahan velg, ban, dan roofrack.

Delta 4×4 sendiri telah berkecimpung menciptakan aksesoris off-road sejak lama. Sejumlah karya modifikasi andalannya diaplikasikan di unit Volkswagen Amarok, Mercedes G, dan Ford Ranger. Melalui laman resminya, mereka menyebut tiga kunci utama mengubah gaya modifikasi kendaraan, diantaranya presisi, inovasi, dan kepuasan pelanggan.