Melewati semester pertama tahun 2020, tren industri otomotif mulai terlihat. Salah satunya adalah minat konsumen terhadap Medium SUV yang mencapai 16,2% dari total penjualan mobil selama Januari-Juni 2020. Angka ini meningkat dari periode yang sama tahun lalu sebesar 12,4%. Hal ini didukung oleh produk baru di segmen tersebut, salah satunya Suzuki XL7 yang berhasil menarik minat konsumen.

4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra menerangkan, saat ini masyarakat membutuhkan mobil yang bisa menemani aktivitas ke berbagai karakter jalan. Suzuki XL7 untuk masyarakat Indonesia bisa diandalkan untuk kenyamanan dalam bermobilitas.

“Extra Ordinary SUV ini memiliki kabin lega sehingga maksimal menjaga jarak di dalam mobil, kompartemen banyak untuk menyimpan berbagai peralatan, serta fitur unggulan seperti Smart E-Mirror. Tidak heran penjualan wholesales XL7 di bulan Juni 2020 meningkat cukup pesat hingga 107,7% dan berkontribusi kepada penjualan total Suzuki di bulan Juni sebesar 13,4%,” terang Donny

PT. SIS

Selain kabin dan interior yang menunjang protokol kesehatan, tampilan XL7 yang gagah juga menjadi alasan konsumen memilih XL7. Tipe XL7 yang saat ini paling diminati adalah varian BETA sebesar 49%, lalu varian ALPHA sebesar 42%. Mengenai pilhan warna untuk single tone, permintaan warna pelanggan didominasi oleh Snow White sebesar 34% dan Cool Black Metallic 27%.

Foto: PT SIS

Sedangkan untuk warna dual tone, yang paling banyak diminati konsumen adalah warna utama XL7 ALPHA yaitu Rising Orange + Black dengan persentase 13% dari seluruh penjualan XL7. Angka ini turut berkontribusi terhadap lebih dari 13% penjualan mobil penumpang Suzuki dengan warna-warna terang (biru, oranye, merah) di paruh pertama tahun 2020. Hal ini menunjukkan tren konsumen yang mencari alternatif warna mobil yang lebih segar, berani, dan mampu merepresentasikan karakter penggunanya seperti XL7.

Khusus untuk tipe tertinggi XL7, yaitu ALPHA, memiliki Smart E-Mirror pertama di kelasnya. Smart E-Mirror berfungsi sebagai kaca spion digital. Memuat dua kamera pada spion tengah dan di belakang mobil. Selain berfungsi layaknya dashcam, fitur canggih ini juga dapat merekam aktivitas mobil, menangkap momen tak terduga, serta meningkatkan kemampuan berkendara.

MPV Suzuki terbaru ini dilengkapi fitur modern. Seperti Keyless Push Start-Stop Button, Ventilated Cup Holders, AC Digital Auto Climate with Heater serta Power Outlet hingga baris ketiga. Selain itu fitur keselamatan menjadi salah satu fokus Suzuki seperti Pedestrian Protection dan Child Proof Door Lock. Fitur tersebut dikhususkan untuk menyasar kebutuhan mobilitas keluarga dengan tampilan kekinian.

“Peningkatan penjualan XL7 membuktikan bahwa model andalan Suzuki ini semakin diminati konsumen, terlebih bagi masyarakat membutuhkan kendaraan yang tangguh untuk beraktivitas kembali bersama keluarga dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Kami berterima kasih atas kepercayaan konsumen yang telah memilih XL7. Hal ini memotivasi kami untuk terus memenuhi kebutuhan konsumen akan produk dan layanan yang berkualitas dan sesuai kebutuhan,” tutup Donny.