Toyota Corporation menggandeng Gazoo Racing, Masters of the Nurburgring (GRMN) untuk menggali potensi GR Yaris demi memenuhi homologasi balap reli. Setelah tertangkap basah kamera sedang di tes di sirkuit Nurburgring beberapa waktu lalu. Hothatch ini juga dijual untuk umum, meski belum ada kejelasan penjualannya untuk pasar Indonesia.

Nah, meski diproduksi dan dijual secara terbatas namun  beberapa tuner sudah menggarap ubahan GR Yaris. Sebuat saja HKS, Rocket Bunny, hingga drifter asal Jepang, Daigo Saito. Berikut ulasannya:

Tampilan Agresif GR Yaris HKS Concept

Tuner asal Jepang Hasegawa Kitagawa Sigma (HKS) yang identik dengan kecepatan, mengunggah sebuah GR Yaris yang sudah dimodifkasi pada 14 Oktober lalu di akun Instagram @hks_japan yang langsung menyita perhatian petrolheads.

Bagi HKS, meningkatkan tampilan mobil hingga performa bukanlah hal baru. Terlebih reputasi di ajang kejuaraan motorsport melambungkan HKS jadi salah satu tuner yang patut diperhitungkan.

Foto: Ist: @hks_japan

Meski tidak menjelaskan ubahan secara detail, akan tetapi tampilan GR Yaris kian agresif. Sekilas, ubahan yang dilakukan adalah penambahan body kit yang agresif yang merupakan garapan Pandem, termasuk melebarkan fender. Rangkaian body kit di antaranya: bumper depan, grille, spoiler bonnet, empat buah bolt-on fender, empat buah side skirts, wing spoiler, serta diffuser. Tampilan eksterior juga diberikan livery ikonik HKS Super Oil.

HKS sendiri baru men-develop komponen suspensi, pengereman, dan exhaust system untuk dipakaikan ke GR Yaris tersebut. Sementara velg memakai Advan Racing R6 berukuran 20 inci. Pada interior dipasangi bucket seat dan rollbar mengelilingi ruang kabin.

Foto: Ist @hks_japan

Untuk performa masih dibiarkan stock, namun menurut catatan Nobuteru Taniguci, pembalap sekaligus test driver HKS, kemampuan mesin 1.6 liter 3 silinder turbo GR Yaris masih bisa ditingkatkan menjadi 340 hp dari sebelumnya 270 hp. Tentunya HKS akan mengembangkan komponen yang mendukung.

Pasalnya dikabarkan kalau GR Yaris garapan HKS ini dipersiapkan untuk  ajang balap Tsukuba Record Breaker (TRB) di Jepang.  Tak heran diet ketat sudah dimulai dari penggunaan material alumunium pada kap mesin, pintu belakang, dan panel pintu. Bagian atap dilengkapi dengan panel plastik yang diperkuat serat karbon menggunakan metode compound moulding.

GR Yaris 2JZ 1.000 hp Daigo Saito

Drifter profesional asal Jepang, Daigo Saito, merilis modifikasi GR Yaris super powerfull. Setelah sebelumnya Daigo merampungkan project modifikasi GR Supra dengan mengusung konsep mobil drift. Project kedua ini ia mencoba dengan mengaplikasikan swap engine menggunakan unit 2JZ-GTE lunsuran Toyota Supra MK IV.

Foto: Ist @daigosaito87

Bayangkan saja, tenaga melimpah dari mesin berkapasitas 3.000cc tersebut dijejalkan ke bodi lebih kompak. Apalagi kabarnya akan di-stroke up hingga mencapai 3.400cc dengan power output mencapai 1.000 hp!. Selain mengganti jeroan mesin, turbocharger berukuran besar dari HKS wajib dijabani. Termasuk melakukan penguatan pada transmisi manual 6 percepatan agar kuat menahan tenaga mesin yang sudah buas tersebut.

Foto: Ist @daigosaito87

Karena Daigo Saito ingin membuat Toyota GR Yaris ini sebagai drift car terbaru miliknya, maka penggerak AWD bawaan mobil dikonversi menjadi penggerak belakang. Track roda pun lebih melar untuk mendapatkan traksi maksimal nge-drift. Untuk menyesuaikan dengan track roda yang sudah lebih lebar tersebut, Daigo memesankan widebody kit buatan Rocket Bunny. Body kit khas garapan Kei Miura dari TRA Kyoto ini memiliki karakter over fender besar yang dipasang secara bolt-on.

Foto: Ist @daigosaito87

Untuk penampilan, bodi dilapis livery Sunoco-Monster Energy. Livery yang sama pada Toyota GR Supra. Dan pada kaki-kaki disematkan  velg Work Emotion CR3P ELGs berdiameter 18 inci berwarna hijau.

Body Kit Kekar Rocket Bunny

Salah satu pelopor body kit kekar asal Jepang TRA Kyoto merilis rangkaian untuk GR Yaris yang diedarkan pada awal September lalu melalui merek Rocket Bunny. Body kit ini diklaim yang pertama dan satu-satunya yang tersedia untuk GR Yaris, karena itu HKS dan Daigo Saito memilihnya untuk memodifikasi tampilan mobil.

Foto: Ist @trakyoto

Toyota GR Yaris berkelir putih yang dipasangi body kit Rocket Bunny jadi terlihat gambot. Pada bagian depan penggunaan bumper dengan intake udara besar terdapat bagian intercooler. Untuk menunjang tampilan agresifnya, Rocket Bunny menambahkan splitter lebar dan canard besar di kiri-kanan sudutnya. Lubang besar di ujung depan yang memungkinkan aliran udara tidak terhalang ke intercooler.

Foto: Ist @trakyoto

Beralih ke bagian samping, nampak karakter over fender garapan kelinci roket tersebut makin keren. Tampilannya semakin lengkap dengan pemasangan bolt-on baut berwarna two tone (hitam-putih). Bagian Side skirt pun ikut diganti lebih lebar berkelir hitam.

Foto: Ist @trakyoto

TRA Kyoto yang dibangun oleh Kei Miura membuat semua body kit-nya dengan proses jeli. Didesain dengan sistem CAD komputer yang canggih, Miura-san juga mengaplikasikan software 3D modelling yaitu Rhino 3D untuk membuat karya-karyanya. Bahkan ia juga menggunakan tekhnologi laser scan untuk mengidentifikasi model mobil yang di garap. Sehingga bukan hanya keindahan dari desain saja yang mencuat, tetapi juga kualitas kepresisian sangat terjamin!

Pada bagian kaki-kaki,terpasang “velg yang tidak pernah salah” Volk Rays TE 37 V berwarna hitam-putih. Velg yang diduga berukuran 18 inci tersebut dijahit rapi dengan ban slick Advan. Untuk memaksimalkan sistem pengereman, terdapat big brake kit di balik velg sporti legendaris tersebut.