Cara Lepas Sticker di Bodi Mobil Dengan Aman. Cutting sticker/body wrapping di mobil bisa diibaratkan seperti temporary tattoo yang sewaktu-waktu harus dilepas. Karena sifat bahan sticker yang tidak permanen, maka ada jangka waktu tertentu sebelum cutting sticker/body wrapping di bodi mobil kelihatan makin kusam dan mulai sobek/lepas. Dalam pemakaian normal, paling cepat bahan sticker berkualitas bisa bertahan selama setahun.

18622191_1934482973244587_5947956974197675375_n

Pertanyaannya, bagaimanakah cara melepas sticker yang aman setelah lama menempel di bodi mobil?  “Kalau dari awal cat mobilnya adalah keluaran pabrik maka ketika sticker dilepas aman, cat enggak ada yang keangkat. Tapi kalau sudah cat ulang biasanya bikin pelepasan sticker lebih susah karena cat juga ikut keangkat karena lem sticker. Mau enggak mau harus cat ulang,” bilang Tomi Gunawan, bos rumah modifikasi Tomi Airbrush.

Lepas Stiker 3

Nah, masalah lain saat membuka sticker adalah noda lem yang tertinggal pada bodi mobil. Namun hal ini mudah diatasi karena sekarang banyak produk-produk pembersih yang khusus menghilangkan noda sticker di bodi mobil. Yang asyik, selain produk-produk branded, ternyata juga bisa pakai pembersih sehari-sehari yang sering kita lihat dirumah. Seperti alkohol, minyak kayu putih, atau baby oil yang dijamin tak bakal merusak cat standar bawaan mobil.

Lepas Stiker 2

Berikut ini tata caranya;

  1. Lepaskan pelapis (coating) stiker sebanyak mungkin sebelum dikelupas dengan cairan. Sebab alkohol atau minyak susah menembus plastik coating ini.
  2. Lakukan pengetesan atas pelarut berbahan dasar alkohol atau minyak di atas bodi sebelum ke step berikutnya. Pilih bagian tersembunyi.
  3. Pakai alkohol atau cairan mengandung alkohol hingga 91% seperti pembersih cat kuku (acetone). Atau produk berbahan dasar minyak, semisal minyak sayur atau baby oil. Teteskan cairan di atas kain bersih lalu sapukan di atas stiker hingga menyatu. Tunggu beberapa saat baru lepaskan.
  4. Bila stiker terbuat dari vinyl, panaskan permukaannya pakai pengering rambut (hair dryer). Kelupas pelan-pelan dengan sudut 90 derajat lalu panaskan lagi bagian berikutnya. Semprot sisa lemnya pakai campuran alkohol dan air dalam botol spray.
  5. Hindari pemakaian barang tajam dari logam saat mengelupas stiker. Bila mesti pakai alat, gunakan pisau plastik.
  6. Selesai proses pengelupasan dengan metode di atas, bersihkan permukaan dengan spons dan busa sabun non-detergen.
  7. Cuci seluruh permukaan mobil hingga bersih, lalu lanjutkan ke proses car care lewat pemakaian wax.