Trik angkat tampilan kabin tak selamanya harus dijalani dengan hanya mengganti pelapis jok semata. Pasalnya, ada juga beberapa cara yang tak kalah pamor, yang bisa dilakukan untuk membuat interior berkesan layaknya mobil mewah atau sport. Salah satunya dengan menambahkan panel kayu atau karbon, di bagian-bagian tertentu dari kabin. Bisa di sebagian dasbor, konsol boks, saklar power window, kisi-kisi A/C, setir, dan beberapa bagian lain.
Carbon steeringAsal tahu saja, trik pengimbuhan wooden/carbon panel ini ada 2 jenisnya. Kalau mau berbicara umum, jenis pertama bersistem tempel dan lainnya adalah sistem yang memproses part bersangkutan. Keduanya sama-sama pake teknik water base printing. Bedanya yang sistem tempel di-print ke atas fiber tipis, kalau yang tipe proses, ornamen kayu atau karbonnya di-print langsung di atas part kabin yang mau dilapis.
wooden panel
Dari harga, terpaut perbedaan signifikan 30%-40%. Sistem tempel lebih murah, dengan proses pemasangan via bantuan double tape tanpa perlu repot membongkar part yang mau di wood/carbon panel-kan. Sementara buat tipe proses, harganya dipatok per sentimeter persegi. Sehingga penentuan harga akhirnya tergantung luas part yang mau dipakaikan ornamen ini. Karena untuk pemasangannya harus menggunakan panel asli mobil yang di-print dengan corak tertetu, karena itu sistem ini dinilai punya kualitas lebih baik.
Tapi untuk lebih jelas melihat perbedaan keduanya, silakan simak data di bawah ini.
Sistem Tempel
Wooden Tempel
  • Lebih praktis karena tinggal tempel dengan double tape. Di gerai-gerai aksesori banyak ready stock-nya buat mobil-mobil yang penjualannya laku atau ada versi aksesori OEM-nya.
  • Harganya murah tapi biasanya varian motif atau finshing-nya terbatas.
  • Buat penempatan di beberapa bagian, dikhawatirkan akan mengganggu kinerja, karena ada penambahan thickness atau ketebalan. Selain karena fibernya, juga water base printing serta double tape-nya. Misalnya pada tombol power window.
  • Sifatnya terbilang sementara karena sewaktu-waktu double tape bisa copot. Tapi ini bisa jadi pilihan buat Anda yang suka ganti-ganti tampilan kabin.
Sistem Proses
Karbon proses 1
  • Aman terhadap pertambahan ketebalan yang berpotensi mengganggu kinerja fitur secara ekstrem pada daerah-daerah tertentu di kabin.
  • Harganya mahal dan butuh proses 7-10 hari kerja, termasuk bongkar-pasang part yang mau dilapis.
  • Warna bisa lebih keluar karena dicetak pada permukaan yg cenderung tebal. Pilihan motif dan finishing permukaan yang tersedia cukup variatif.
  • Karena pakai part kabin bawaan yang menyatu, maka tak bisa digonta-ganti dengan mudah.