Siapa yang tak kenal dengan AMG? Eksistensinya yang sudah melewati setengah abad, bukan waktu yang sebentar bagi sebuah divisi yang awalnya hanya memproduksi line up mobil kencang dari Mercedes-Benz. Berawal dari divisi independen yang memproduksi mobil Mercedes-Benz berperforma tinggi, kini AMG sepenuhnya berada di bawah naungan Daimler AG dan menjadi perusahaan yang memiliki pertumbuhan cukup tinggi.

c63-amg-edition-507-coupe-12-spoiler-lip-m

AMG merupakan singkatan dari Aufrecht and Melcher, Großaspach. Penamaan ini diambil dari pendirinya yakni Erhard Melcher dan Hans Werner Aufrecht, serta Großaspach pada tahun 1967. Awalnya mereka berkerja di perusahaan spesialis pembuat mobil sedan mewah Mercedes-Benz.

Proyek pertama AMG adalah membangun mesin Mercedes-Benz 300SE agar dapat turun di ajang balap Championship Touring Car Jerman pada 1965. Mobil sedan sport tersebut mereka tingkatkan tenaganya hingga 238 hp dari sebelumnya 170 hp. Dengan dikemudikan pembalap Manfed Schiek, mobil ini berhasil menang di ajang balap bergengsi tersebut, hingga membuat AMG kemudian mendirikan sebuah bengkel di Burgstall, Jerman.

mercedes-benz-clk-gtr_key_6-PH-AMGAMG pun mulai memasuki tahapan lebih serius dalam tuning mobil. Pada 1971 lahir Mercedes-Benz 300SEL bermesin 6.300 cc dengan tenaga semula 247 hp menjadi 428 hp dan dijuluki “The Pig”. Selain itu, E-Class W124 bermesin V8 5.600 cc hadir di tahun 1984, sanggup memuntahkan tenaga hingga 385 dk, dan mampu mempecundangi hegemoni supercars sehingga dijuluki “The Hammer”.

Pada 1990, hubungan antara Mercedes-Benz dan AMG menjadi lebih harmonis. Karena mereka menjalin kerja sama tak hanya soal tuning mesin, tapi hingga desain eksterior dan interior. Hasil kerja sama itu membuahkan Mercedes-Benz terbaru dengan kode W202 C36 AMG yang dilansir medio 1993. Model baru ini pun disambut baik para penggemar setia Mercedes.

AMG engine

Hingga kemudian pada 2005, AMG didaulat menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Daimler-AG sehingga diberi nama Mercedes-AMG. Sebagai penandanya dibuatlah SLS AMG, sebuah roadster legenda sekaligus ikonik milik Mercedes.

AMG kemudian diberikan kantor pusat di Affalterbach, Jerman. Dan dengan mempertahankan  filosofi “One Man One Engine”, perusahaan ini sudah memproduksi 100 ribu unit mobil Mercedes-Benz dari berbagai model. Dimana penjualan terbesar AMG ada di Amerika Serikat, Jerman, serta Tiongkok.