Dua orang tuner asal Amerika Serikat bakal hadir secara eksklusif ke Indonesia Modification Expo (@imx.id)  2018 di Balai Kartini, Jakarta 17-18 November mendatang. Dua orang yang sama-sama dinilai sebagai “modifikator kekinian” yang berhasil menerobos kasta superioritas Muscle Car, Hot Rod, atau Truckin yang sebelumnya merajai khalayak negeri Paman Sam. Keduanya bahkan membawa style modifikasi khas di mobil Jepang dengan passion super tinggi. Hal inilah yang kemudian membuat mata para juri di Battle of Builder di SEMA “menyembah” karya dua orang tersebut.

big mike

Ryan Basseri Rywire

Siapakah mereka? Yup, Ryan “Rywire” Basseri dan Big Mike. Masing-masing menggarap Honda Integra dan Honda Prelude yang berhasil membuat “patah leher” para petrolhead Amerika. Keduanya bahkan dianggap sebagai key person dalam spesialisasinya menggarap modifikasi mobil impor. Julukan yang sebelumnya tak pernah disematkan kepada siapa pun, mengingat brand mobil impor (apalagi dari Asia) masih dipandang sebelah mata.

theshopmag.com bigmike

sema.org ryanrywire

Integra Ryan dan Prelude Big Mike memiliki banyak kemiripan dari style dan gaya modifikasinya. Paling mencolok ada pada bagian mesin, dimana ubahannya membuat decak kagum dengan sentuhan pengerjaan ala pabrikan yang super rapi. Sistem wire tuck-nya dibuat super clean dengan tingkat attention to detail yang sempurna. Semua line selang dan kabel diperhatikan penempatannya dan disembuyikan dengan tak mengurangi fungsinya. Beberapa parts besar pun dicarikan substitusinya untuk mendukung ubahan clean di engine bay.

hondaprojason bigmike

speednik.com ryanrywire engine

Yang dahsyat, bahkan mungkin tak terpikir modifikator manapun, yaitu posisi baut-baut dibuat searah jarum jam di angka 12! Sungguh sebuah atensi yang tidak dapat dibeli kecuali dengan passion. Tidak hanya sampai situ saja, seluruh sektor dibalut dengan sentuhan sempurna nan detail. Misalnya sistem elektrikal yang dibuat advanced untuk mendukung fungsi modifikasinya. Tak heran pada 2015 (Ryan) dan 2016 (Mike) keduanya menembus jajaran 10 besar SEMA Top Build.

superstreetonline.com bigmike

speednik.com ryanrywire

Jika melihat mobil keduanya, maka kunci modifikasinya adalah konsep ubahan yang tepat sasaran di semua lini varibel atau form follow function. Selain itu, falsafah “less is more” dengan eksekusi matang membuat Ryan dan Mike menaikkan standar modifikasi Honda yang bisa ditiru oleh para penggemar di seluruh dunia.

So, kalau kalian mau mengikuti talk show dan juga meet and greet dengan Ryan “Rywire” Basseri dan Big Mike, silakan datang saja ke IMX 2018! Untuk pembelian tiket bisa dilakukan secara online lewat www.tiketapasaja.com atau langsung membelinya di venue saat acara berlangsung. See you there!