Setir merupakan salah satu bagian mobil yang paling sering bersentuh dan bergesekan dengan tangan. Makanya, lama-kelamaan warna permukaan pada setir bisa pudar atau bahan pelapisnya terkelupas. Jika sudah begini, maka keindahan pada interior tak lagi sempurna.

Salah satu solusi biar setir tampil prima kembali adalah melapis ulang lingkar kemudi. Hal ini bisa dijabani lantaran sudah banyak trimmer yang mengerti teknis pembungkusan, termasuk bongkar pasang setir dengan benar. Lantas, jika setir Anda berfitur airbag, apakah bisa dilapis?

IMG-20171027-WA0034

Faktanya, setir ber-airbag bisa dilakukan pembungkusan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah pada saat membongkar dan memasangnya. Yang penting, fitur airbag masih tetap bekerja setelah dilakukan proses pelapisan. Untuk langkah amannya, biasanya sebelum melepas setir, aki mobil dicabut terlebih dahulu oleh trimmer agar komputer tidak mendeteksi soket airbag yang dilepas. Saat membukanya pun perlu diperhatikan soket-soket kelistrikan sensor airbag, jangan sampai rusak.

Namun, perlakuan tak sekadar hanya mencopot aki saja. Beberapa mobil Eropa seperti contoh Audi R8, proses pembongkaran harus melalui beberapa tahap. Sebelum membongkar, posisi mesin harus dinyalakan terlebih dahulu, lalu memposisikan setir dengan putaran 90 derajat ke kiri untuk memastikan posisi lubang untuk pembongkaran. Setelah diposisikan tersebut, barulah dicopot akinya dan dilakukan proses pelepasan setir.

beg-udara-honda

Meski pengerjaannya terbilang mudah untuk dilakukan selama 3-4 jam, namun tetap saja tak boleh ada langkah yang salah. Untuk beberapa mobil mewah Eropa bahkan diperlukan teknik khusus sehingga membutuhkan waktu minimal 7-10 hari kerja.

Di pasaran tersedia berbagai macam material pelapis setir. Mulai dari bahan semi kulit, kulit dan suede. Untuk harga yang terjangkau, bisa memilih bahan semi kulit atau sintetis. Tetapi, terkadang permukaan bahan seperti ini terbilang licin ketimbang bahan kulit. Aplikasi bahan suede, dipercaya untuk mengedepankan aura racing ataupun sporty.

Untuk material bahan sintetis, kalian membutuhkan biaya sekitar Rp 400-600 ribuan. Sedangkan untuk material kulit dikenakan biaya lebih mahal, sekitar Rp 800 ribu – Rp 2,5 jutaan. Menariknya untuk melapis setir kalian bisa memilih material, permainan warna pun bisa disesuaikan selera. Jadi, sekarang tak perlu khawatir, karena setir ber-airbag pun bisa dilapis dengan berbagai jenis material.