Kebutuhan perawatan kendaraan terus meningkat. Tak hanya untuk para pengguna mobil standar pabrikan saja, perawatan untuk mobil modifikasi pun wajib dilakukan secara rutin. Apalagi jika perawatan yang dijalankan membantu menaikkan performa dan efisiensi pemakaian bbm.

Ban Balap

Selain melakukan servis rutin penggantian pelumas, cairan pendingin kendaraan, dan melakukan tune up mesin, pemilik mobil modifikasi sebaiknya juga memeriksa dan membersihkan tangki bahan bakar. Karena salah satu yang menghambat keluarnya performa secara maksimal adalah dari bensin/solar yang basi atau menurut kadar oktannya akibat oksidasi di dalam tangki.

Bahkan bisa-bisa menyebabkan mobil mogok karena lama-kelamaan endapan kotoran oksidasi masuk ke saluran bahan bakar ke mesin dan berpotensi menyumbat fuel pump dan injektor. Apalagi negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, membuat bakteri di dalam tangki berkembang biak sangat cepat. Ditandai dengan warna bahan bakar yang semakin keruh.

bahan bakar bensin kadaluarsa

Sebenarnya masalah bahan bakar tersebut pernah terjadi pasa pesawat tempur di era Perang Dunia. Saat itu untuk mengatasi bahan bakar dan mesin pesawat mati akibat bensin basi mereka menggunaan katalisator logam. Nah, katalisator yang merupakan kombinasi dari logam Platinum, Paladium, dan Rhidium, serta unsur lainnya ternyata memiliki efek bisa menstabilkan dan menaikkan karakteristik bahan bakar minyak secara langsung, sehingga lebih mudah terbakar secara sempurna.

Artinya mesin-mesin mobil berperforma tinggi memerlukan fuel catalyst untuk membuat kualitas bahan bakarnya lebih baik dan membuat performanya keluar secara maksimal. Katalisator bahan bakar berfungsi mengurai molekul bahan bakar secara aktif agar bisa menyerap oksigen lebih banyak. Sehingga tenaga mesin meningkat dan lebih hemat BBM.

Fuel catalyst 2

Yang menarik, fuel catalyst diklaim juga bisa merendahkan kebutuhan oktan bahan bakar pada mesin dengan cara memecah molekulnya sehingga lebih mudah dibakar. Efek yang tercipta adalah seperti memakai bahan bakar dengan nilai oktan 3-5 RON di atasnya. Hal tersebut bisa dilakukan karena fuel catalyst mampu menetralkan bakteri dan jamur pada bahan bakar, sehingga BBM terus terjaga kualitasnya dan tidak basi.

Oh ya, bahkan dengan kinerjanya yang “memurnikan” bahan bakar diklaim juga bisa mencegah penurunan performa dan efisiensi akibat pemakaian BBM yang spesifikasinya lebih rendah. Jadi mobil modifikasi yang mengharuskan pemakaian bahan bakar dengan RON tinggi, bisa diturunkan RON-nya tanpa menurunkan performa dan merusak mesin.

WhatsApp Image 2019-04-28 at 23.22.23(1)

Beberapa merek fuel catalyst dijual dengan menawarkan keunggulannya masing-masing. Contohnya BRQ, Fitch, Economax, dan sebagainya. Fuel catalyst jadi ini bisa dipasang tanpa merusak struktur perkabelan atau selang bahan bakar bawaan mobil. Bahkan tidak menghanguskan garansi, dan bukan bersifat aditif.

Biasanya dijual perpaket dengan produk yang dimasukkan ke tangki bahan bakar, dan juga tipe yang dipasang ke jalur bahan bakar. Bagaimana tertarik memasang di mobil modifikasi kalian?