Sering kali bagian kolong mobil jarang diperhatikan kebersihannya. Maklum saja, selain tersembunyi, kebanyakan orang melihat menilai mobil bersih atau tidak biasanya hanya melihat kondisi bodi dan kabinnya saja. Padahal kalau mau lebih detail, kebersihan kolong mobil juga mendapat poin dalam sebuah kontes modifikasi.

Screen Shot 2019-05-30 at 1.07.13 AM

Selain itu, sebenarnya banyak efek negatif yang akan terjadi jika kondisi kolong mobil tidak diperhatikan secara baik. Salah satunya ialah tumbuhnya karat akibat kontaminasi dari material lumpur maupun noda aspal. Soalnya tingkat kotor di kolong mobil biasanya merata dari depan sampai belakang. Kalau kondisinya dibiarkan lama tidak dibersihkan, maka bakal tak mungki timbul sisa dan karat keropos apabila terdapat kontaminasi noda yang sudah berat dan membandel.

undercarriage-car-wash 2

Karena itu beberapa workshop car detailing menawarkan treatment khusus untuk merawat kebersihan kolong mobil. Treatment khusus tersebut dikemas dalam program undercarriage detailing. Karena bagian ini terbilang sulit, ternyata tak banyak workshop car detailing yang bersedia mengerjakannya. Bayangkan saja untuk pengerjaan pembersihan di sektor itu saja bisa memakan waktu tiga sampai empat jam, tergantung untuk kondisi kotoran yang menempel.

undercarriage-car-wash 1

Yang harus kalian ketahui, ada perbedaan undercarriage detailing dengan proses cuci kolong mobil biasa. Undercarriage detailing mampu mengangkat noda kotor di kolong mobil secara signifikan, karena dilakukan secara lebih detil dari tiap komponen. Selain itu, material pengangkat noda yang digunakan pun berbeda dengan perawatan cuci kolong mobil biasa yang lebih keras. Bahkan diperlukan proses pengampelasan jika terdapat karat.

Untuk kalian yang ingin mengembalikan kondisi kolong mobil lebih bersih, beberapa workshop mematok harga Rp 500 ribu  hingga Rp 2 juta berdasarkan ukuran mobil. Namun, sebaiknya undercarriage detailing dilakukan bersamaan dengan proses salon bodi dan interior, biar mobil modifikasi kalian makin kinclong dan siap kontes!