Ada banyak cara meletakkan subwoofer di mobil. Salah satunya adalah penempatan dengan cara digantung pad deck atau disebut sistem free air. Aplikasi ini biasanya dilakukan pada mobil sedan yang memiliki bagasi. Dari sisi penempatan cara ini jelas menguntungkan karena subwoofer tak akan memakan ruang bagasi. Nah, bagaimana aplikasinya agar suara yang dihasilkan bisa optimal?

Sub freeair1

Yang menarik sistem free air bisa membuat suara bas bagus dengan beberapa syarat. Salah satunya adalah dudukan subwoofer yang wajib rigid. Jika dudukan tak rigid, maka akan timbul getaran yang akan mengganggu kualitas suara. Karena itu biasanya instalatur audio memberi tambahan deck mobil dengan kayu MDF biar tebal atau pakai pelat besi berukuran 2 mm.

Selain itu untuk mendapat suara bagus saat membuat sistem subwoofer “gantung” adalah lubang masuk ke kabin dibuat sebesar diameter subwoofer. Awalnya deck dibor, kemudian digergaji berbentuk bulat sesuai ukuran sub itu sendiri. Sementara itu pemasangan subwoofer free air di bagasi harus dibuat agar suara bas harus masuk melalui satu jalan. Maksudnya untuk mengurangi adanya suara bass cancel dari salah satu jalan jika dibuat lebih dari dua atau datangnya tak bersamaan.

Sub freeair2

Dari sisi subwoofer yang dipakai, biasanya pabrikan audio membuat produk khusus untuk sistem free air. Sedangkan dari sisi ukuran, jika mau menggunakan satu subwoofer, ukuran yang pas adalah 12 inci. Dan jika mau pakai yang ukuran 10 inci, sebaiknya pakai 2 subwoofer agar suaranya terdengar keras.